RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Polri Gelar Pelatihan Operasi Mantap Brata Jelang Pemilu

Polri Gelar Pelatihan Operasi Mantap Brata Jelang Pemilu

6 November 2023 13:35 WIB
Polri Gelar Pelatihan Operasi Mantap Brata Jelang Pemilu
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. (Foto: Humas Polri)

KBRN, Jakarta: Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar pelatihan olah strategi dalam rangka Operasi Mantap Brata 2023-2024, Senin (6/11/2023). Pelatihan ini diikuti oleh seluruh satgas, Kapolda dan Kapolres seluruh Indonesia.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, pelatihan olah strategi ini juga merupakan salah satu upaya Polri untuk meningkatkan kesiapan. Khususnya dalam mengamankan Pemilu 2024.

"Pelaksanaan Operasi Mantap Brata pada tahun ini berbeda dengan lima tahun lalu. Di mana pada tahun ini ada latihan olah strategi yang mengolaborasikan semua level," kata Ramadhan dalam keterangannya, Senin (6/11/2023).

"Dengan hal tersebut, maka bisa meningkatkan kemampuan semua level. Di mana nantinya bisa mengoptimalkan pelaksanaan Operasi Mantap Brata."

Dia menjelaskan, pelatihan ini dilakukan guna memantapkan kemampuan semua level. Baik dari level strategi, manajerial dan level taktikal.

"Untuk level strategi itu adalah pimpinan, level manajerial kalau ditingkat pusat ada Kasatgas. Sementara untuk taktikal adalah Kasubsatgas dan pelaksana lainnya," katanya, menjelaskan.

Pada tingkat pengendalian, lanjut Ramadhan, setiap Kasatgas diminta harus memahami tugasnya. Sehingga secara manajerial dapat melaksanakan apa yang dilakukan sekaligus menganalisa yang dikerjakan dan menjabarkan pelaksanaan tugas.

"Sedangkan level manajerialnya menerima perintah kemudian bisa menjabarkan dan membagi di subsatgas masing-masing. Kemudian para pelaksana Subsatgas menerima pelaksanaan tugas, menerima perintah melaksanakan tugas dan melaporkan ke pimpinan.

"Tentu semua ini demi terwujudnya Pemilu aman, tertib, damai dan lancar," ujarnya. Lebih dari seribu lebih anggota mengikuti pelatihan ini.

Pewarta: Rini Hairani
Editor: Tegar
Sumber: RRI