RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Anies Baswedan Berjanji Turunkan Biaya Ibadah Haji

Anies Baswedan Berjanji Turunkan Biaya Ibadah Haji

5 Desember 2023 18:25 WIB
Anies Baswedan Berjanji Turunkan Biaya Ibadah Haji
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat bertemu mahasiswa di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (5/12/2023). (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 1 Anies Baswedan mengatakan tengah membahas biaya ibadah haji yang mengalami kenaikan. Hal tersebut dikatakan saat Anies kampanye di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (5/12/2023). 

Untuk itu, jika terpilih menjadi Presiden pada Pilpres 2024 mendatang, Anies bertekad menurunkan biaya haji menjadi lebih murah. Anies menyampaikan, dulu Banjarmasin, Kalimantan Selatan dikenal sebagai salah satu tempat yang paling banyak memberangkatkan orang haji. 

"Saat ini kami sedang melakukan pembicaraan soal itu. Satu adalah tentang bagaimana menurunkan biaya haji," kata Anies. 

Namun, Anies tak menjelaskan secara detail dengan siapa pembicaraan itu dilakukan. Meski begitu, dia berharap upaya ini bisa terwujud sehingga biaya naik haji tak semahal sekarang.

"Kita sedang melakukan pembicaraan dan kita berharap ini bisa selesai cepat agar kita bisa menurunkan biaya haji. Supaya biaya haji kita menjadi setara dengan negara-negara lain," ucap Anies.

Selain menurunkan biaya haji, Anies juga berkeinginan menambah kuota jemaah haji yang berangkat ke tanah suci. "Jadi biaya diturunkan yang kedua kuotanya ditambah," ujar Anies.

Selanjutnya, Anies berencana dapat menambah kuota jemaah haji hingga kisaran 20-30 ribu jemaah. Namun, dia mengaku senang dengan jumlah kuota haji yang sudah ada saat ini.

Pewarta: Ryan Suryadi
Editor: Beri
Sumber: RRI