RRI

Kampanye di Tangerang, Anies Singgung Saham Bir

3 Desember 2023 11:28 WIB
Kampanye di Tangerang, Anies Singgung Saham Bir
Capres nomor urut 01 Anies Baswedan melambaikan tangan kepada warga Kota Tangerang selaku simpatisannya dalam kampanye hari ke-5 di GOR Gondrong, Kota Tangerang. (Foto: RRI/Saadatuddaraen)

KBRN, Tangerang: Calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan memberkan kegagalannya dalam menjual saham minuman beralkohol Bir saat menjadi Gubernur DKI Jakarta. Hal itu dipaparkan dalam orasi politik saat berkampanye di GOR Gondrong, Kota Tangerang.

Menurut Anies, persoalan kegagalan diakibatkan keterbatasan wewenang saat ingin menjual saham bir milik Pemprov itu. Perihak ini, terjegal oleh DPRD DKI, yang mayoritas anggotanya bukan dari partai pengusungnya menjadi gubernur saat itu. 

“Dulu saya tugas (gubernur/red) di Jakarta, kita ingin jual saham bir agar uangnya bisa bangun sekolah, rumah sakit, jalan, fasilitas publik. Karena, Ketua DPRD bukan dari yang mendukung, ini tidak berhasil dibahas," katanya di Kota Tangerang, Sabtu (2/12/2023).

Atas itu, Anies menegaskan, pentingnya kewenangan yang sama saat ingin melakukan perubahan baik di eksekutif dan legislatif. Sehingga, perlunya dukungan masyarakat Kota Tangerang.

"Kami minta dukungan untuk bersama-sama memilih calon-calon legislatif dari partai-partai yang juga mengusung dirinya sebagai Capres. Untuk kita bisa menggelontorkan kebijakan-kebijakan perubahan perlu dukungan dari warga, bukan hanya pada eksekutif, tapi juga legislatif," ujar Anies.

Alhasil, pasangan calon parpol Koalisi Perubahan itu memamerkan para calon anggota legislatif (caleg). Khususnya yang berasal dari partai politik (parpol) pengusung seperti PKS, NasDem dan PKB.

“Yang bersama di sini calon legislatif yang harus kita pilih juga. Kenapa harus kita pilih juga. Kalau membuat keputusan tidak hanya di pemerintah saja, tapi juga di DPR,” ujarmya.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Mosita
Sumber: RRI