RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Presiden Ungkap Tujuan Makan Siang Bareng Tiga Bacapres

Presiden Ungkap Tujuan Makan Siang Bareng Tiga Bacapres

31 Oktober 2023 12:54 WIB
Presiden Ungkap Tujuan Makan Siang Bareng Tiga Bacapres
Dari kiri ke kanan: Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo saling berpegangan tangan usai makan siang bareng Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (30/10/2023) (Foto: Biro Pers Setpres)

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo mengatakan acara makan siangnya bersama tiga bakal calon presiden (bacapres) bertujuan untuk menyamakan persepsi. Kepala Negara meminta para bacapres untuk menjaga agar Pemilu 2024 berjalan damai tanpa ada unsur saling ejek.

Hal itu diungkapkan Presiden di Pasar Bulan, Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa (31/10/2023). "Jangan ada kampanye negatif, atau saling fitnah, menjelekkan dan merendahkan, tetapi harus adu program dan gagasan," ujarnya. 

Menurut Presiden, Pemilu 2024 yang damai tanpa unsur negatif merupakan dambaan seluruh masyarakat Indonesia. "Saya kira rakyat menginginkan itu," katanya. 

Pada Senin (30/10/2023), Presiden mengundang Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto makan siang di Istana Merdeka. Kegiatan ini menjadi salah satu cara Kepala Negara dalam berkomunikasi dengan para tokoh politik. 

"Kami sama-sama menginginkan Pemilu yang sehat, sejuk, dan sesuai prinsip demokrasi," ujarnya. Presiden juga memastikan kepada tiga bacapres bahwa seluruh aparatur negara tidak akan memihak pada salah satu pasangan. 

Pewarta: Pradipta
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI