RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​KPU Pastikan Anies-Cak Imin Diperiksa Tenaga Kesehatan Ahli

​KPU Pastikan Anies-Cak Imin Diperiksa Tenaga Kesehatan Ahli

21 Oktober 2023 09:15 WIB
​KPU Pastikan Anies-Cak Imin Diperiksa Tenaga Kesehatan Ahli
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat melakukan wawancara dengan awak media di Kantor KPU RI, Jakarta. (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Bacapres-Bacawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menjalani, pemeriksaan kesehatan di RSPAD sejak pukul 07.00 WIB, Jakarta, Sabtu (21/10/2023) pagi. Merespon kegiatan tersebut, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menegaskan, mereka diperiksa oleh tim ahli oleh pihak RSPAD.

"Yang menentukan pemeriksaan itu hasilnya bagaimana, perlu diulang apa enggak dalam kondisi-kondisi tertentu, otoritasnya di tim pemeriksa kesehatan. Tim pemeriksanya siapa, keahliannya apa, sudah dirumuskan bersama-sama oleh tim pemeriksa di RSPAD," kata Hasyim dalam keterangan persnya, di Jakarta, Sabtu (21/10/2023).

Dalam praktiknya, Hasyim menjelaskan, RSPAD memeriksa beberapa aspek kesehatan bacapres-bacawapres yang sudah mendaftar ke KPU. Seperti, soal tekanan atau tensi darah, air seni, hingga keseharan rohani.

"Jadi sehat jasmani dan rohani (yang dites RSPAD), dengan berbagai indikator maupun metode tertentu yang sudah ditentukan. Untuk mengetahui seseorang itu mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wapres untuk satu periode ke depan," ucapnya.

Lanjutnya, ia menegaskan, seluruh bacapres-bacawapres yang menjalani pemeriksaan wajib melakukan puasa. Karena, hal tersebut merupakan prosedur yang sudah di atur oleh pihak rumah sakit.

"Itu juga ada prosedur harus puasa dengan durasi sekian waktu, puasanya itu puasa makan. Tapi tidak puasa minum, ada durasinya, kalau misalkan pemeriksaannya jam sekian, berarti mulai puasanya jam sekian," ujarnya.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI