RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Tokoh Agama Dinilai Berperan Sukseskan Pemilu 2024

​Tokoh Agama Dinilai Berperan Sukseskan Pemilu 2024

4 Oktober 2023 10:00 WIB
​Tokoh Agama Dinilai Berperan Sukseskan Pemilu 2024
Komisioner Bawaslu RI Lolly Suhenty saat melakukan wawancara dengan awak media. (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Komisioner Bawaslu RI Lolly Suhenty menegaskan, tokoh agama seperti kyai, habib, ustaz/ustazah miliki andil mensukseskan Pemilu 2024. Tokoh-tokoh agama mayoritas tersebut, harus mampu memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan baik.

"Kalau sebagai masyarakat memang punya lembaga pendidikan (ponpes), maka kadar tanggung jawabnya bisa menilai itu. Nanti sesuai nggak dengan PKPU-nya, cara pandang kita untuk Pemilu 2024, tokoh agama, tokoh masyarakat punya andil besar," kata Lolly dalam keterangan persnya, Rabu (4/10/2023).

Pada Pemilu 2024, Lolly menjelaskan, semua orang yakni pemilih pastinya memiliki pilihan politik. Namun, semua orang dibatasi pada perannya masing-masing.

"Ada yang disampaikan, ada yang tidak, dalam konteks ini pastilah para tokoh agama itu punya kebijaksanaan kebijaksanaan. Karena, para tokoh agama itu akan berhitung soal dampak yang luas terhadap masyarakat," ucap Lolly.

Kemudian, Lolly menuturkan, Bawaslu saat ini berjuang meredam konflik di titik-titik rawan di Indonesia. Bawaslu harus melakukan mitigasi risiko Pemilu 2024.

"Termasuk soal kemerdekaan memilih, konstituen ya teman-teman dari parpol misalnya gitu. Kami melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif ke ponpes, itu kan bagian dari upaya mitigasi risiko," ujar Lolly.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI