RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Bawaslu Tegaskan Gen-Z Harus Berani Laporkan Pelanggaran Pemilu

​Bawaslu Tegaskan Gen-Z Harus Berani Laporkan Pelanggaran Pemilu

3 Oktober 2023 08:54 WIB
​Bawaslu Tegaskan Gen-Z Harus Berani Laporkan Pelanggaran Pemilu
Komisioner Bawaslu RI Lolly Suhenty. (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Komisioner Bawaslu RI Lolly Suhenty menegaskan, pemilih pemula yakni Gen Z harus aktif pada Pemilu 2024 mendatang. Gen Z juga harus berani melaporkan kepada Bawaslu, jika menemukan dugaan pelanggaran pemilu.

"Pentingnya hak pilih bagi pemilih pemula. Hak pilih bagi pemilih pemula hingga berpartisipasi sebagai pemilih, sebagai bukti kecintaan terhadap Tanah Air Indonesia," kata Lolly dalam keterangan persnya, Selasa (3/10/2023).

Lolly mengungkapkan, generasi muda sangat penting menjadi aktor yang ikut andil dalam mengawasi segala macam tahapan pemilu. Oleh sebab itu, pemilih muda dan pemula selaku pemilik suara mayoritas harus nyoblos pada Pemilu 2024.

"Selain jadi pemilih, generasi muda yang baru akan mencoblos juga harus berani melaporkan jika terjadi pelanggaran," ucap Lolly.

Sebelumnya, anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat Nuryamah menegaskan, posisi lembaganya dalam konteks kepemiluan. Bawaslu harus memastikan pelaksanaan tahapan pemilu berlangsung dengan regulasi yang ada.

"Jadi Bawaslu tidak hanya mengawasi netralitas penyelenggaraan pemilu, ASN, dan yang berkaitan itu saja. Tapi, harus ada memastikan pelaksanaan pemilu sesuai regulasi yang ada, guna memastikan kualitas demokrasi terus terjaga," kata Nuryamah.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI