RRI

  • Beranda
  • Berita
  • DKPP: ​Rakornas Penyelenggara Pemilu Digelar untuk Satukan Visi-Misi

DKPP: ​Rakornas Penyelenggara Pemilu Digelar untuk Satukan Visi-Misi

8 November 2023 08:15 WIB
DKPP: ​Rakornas Penyelenggara Pemilu Digelar untuk Satukan Visi-Misi
Para Komisioner DKPP RI saat melakukan konferensi pers terkait kegiatan Rakornas Penyelenggara Pemilu, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (7/11/2023). (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: Ketua DKPP RI Heddy Lugito mengatakan, Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) Penyelenggara Pemilu digelar untuk menyatukan visi-misi. Pada Pemilu 2024 mendatang, diharapkan tidak ada lagi perbadaan pandangan antara KPU RI, Bawaslu RI, dan DKPP.

Rakornas Penyelenggara Pemilu yang diselenggarakan DKPP itu dilakukan di Hotel Grand Sahid, Jakarta pada hari ini, Rabu (8/11/2023). Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan, menghadiri acara Rakornas Penyelenggara Pemilu tersebut.

"Presiden konfirmasi datang, sudah dipastikan datang. Diharapkan tidak ada lagi peraduan di DKPP, misalnya karena sudah satu visi dan misi, terutama dalam menafsirkan Undang-undang," kata Heddy saat melakukan konferensi pers, di Jakarta, Selasa (7/11/2023) malam.

Heddy mengungkapkan, perbedaan pandangan penafsiran peraturan tentang pemilu diharapkan selesai. Karena faktanya, dalam beberapa waktu terakhir sempat muncul semacam friksi saling melaporkan ke DKPP, antara KPU dan Bawaslu.

"Rakornas  ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi penyelenggara pemilu. Saling mengingatkan betapa besarnya Pemilu 2024," ucap Heddy.

Kemudian, Ia menegaskan, penyelenggara pemilu harus saling mengingatkan dalam menjaga integritas. Jangan sampai penyelenggara pemilu, goyang 'kanan-kiri' ketika menjalankan tugasnya.

“Agar penyelenggara pemilu tidak terpengaruh kiri kanan, tapi tegak lurus pada demokrasi. Itu yang kita harapkan semua,” ujar Heddy.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI