RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Usai Makan Bareng Presiden, Ini Kesan Tiga Bacapres

Usai Makan Bareng Presiden, Ini Kesan Tiga Bacapres

30 Oktober 2023 23:15 WIB
Usai Makan Bareng Presiden, Ini Kesan Tiga Bacapres
Tiga bacapres yakni, Prabowo Subianto, Anis Baswedan dan Ganjar Pranowo memberikan permyataan kepada awak media usai menghadiri undangan jamuan makan siang oleh Presiden Jokowi di Istana Negara. (Foto:ist)

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo menjamu makan siang tiga bakal calon presiden (bacapres) yang berkontestasi di Pilpres 2024 nanti di Istana Negara, Jakarta, Senin (30/10/2023). Mereka yakni, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Usai acara makan siang, ketiga bacapres ini memberikan pernyataan kepada awak media. Adapun bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto mengatakan, makan siang dengan Jokowi berjalan dengan suasana yang akrab.

Prabowo mengaku, kesempatan berkumpul tersebut merupakan sesuatu yang jarang bisa terlaksana. "Bagus ya dan suasana yang akrab, kalau enggak diundang kita jarang bisa kumpul ya," ucap dia.

Prabowo menuturkan, Presiden Jokowi berharap suasana baik itu bisa terus berlanjut. Hal tersebut juga merupakan harapan dirinya dan para bacapres. "Jadi beliau (Jokowi, Red) juga berharap suasana bagus, kita (para bacapres, Red) juga berharap suasana baik," kata Prabowo.

Kemudian bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengklaim, ada pesan yang dititipkan kepada dirinya oleh orang-orang yang menyayangi Presiden Jokowi. "Saya juga sempat menyampaikan pesan agar Presiden bisa menjaga netralitasnya dalam proses Pemilu," ucap Anies.

Alhasil, sambung Anies, merupakan pesan penting dari Presiden agar Pemilu 2024, berjalan dengan damai dan lancar.  "Tadi beliau (Jokowi, Red) sampaikan bahwa beliau memang mengumpulkan pejabat, gubernur, bupatibdan bahkan akan ngumpulkan TNI, polisi, dan semua aparat untuk netral," katanya.

Sementara bacapres Koalisi PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo mengatakan, Jokowi mencoba untuk dapat berkomunikasi secara baik dengan para bakal capres. "Tadi kita bertiga bareng ngobrol dengan Pak Presiden, kita tahu persis Pak Presiden mencoba untuk kita selalu bisa berkomunikasi dengan baik," ucap Ganjar.

Jokowi, menurut Ganjar, akan mendukung sistem demokrasi yang baik. Dia pun berharap hal tersebut bisa dilaksanakan, baik oleh Jokowi maupun para bakal capres yang akan berkontestasi dalam Pilpres 2024.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Bara
Sumber: RRI