RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Sebut Debat Capres-Cawapres Tidak Berbahasa Inggris

KPU Sebut Debat Capres-Cawapres Tidak Berbahasa Inggris

7 Desember 2023 13:30 WIB
KPU Sebut Debat Capres-Cawapres Tidak Berbahasa Inggris
Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menerima penghargaan rekor MURI dari pendiri Muri Jaya Suprana pada acara Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024. Hadir juga tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) masing-masing Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin, (27/11/2023) (Foto: RRI/Chaarly Lopulua).

KBRN, Jakarta: Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, debat capres-cawapres Pilpres 2024 tidak menggunakan bahasa Inggris. Hasyim memastikan, debat capres-cawapres mendatang hanya menggunakan bahasa Indonesia.

Sebab, tim sukses capres-cawapres tidak ada yang mengusulkan saat bertemu pihak KPU. "Enggak ada yang mengusulkan itu (debat berbahasa Inggris)," kata Hasyim dalam keterangan persnya, ditulis Kamis (7/12/2023).

Ia menegaskan, KPU tidak akan persoalkan jika dalam debat capres-cawapres menggunakan pernyataan berbahasa Inggris. Namun, KPU mengingatkan untuk tetap menggunakan bahasa Indonesia, karena tidak semua masyarakat mengerti bahasa Inggris.

Hasyim menjelaskan, proses penyelenggaraan debat capres-cawapres akan dipandu dua orang moderator. Moderator yang dipersiapkan KPU terdiri dari laki-laki dan perempuan.

"Namun nama pemandu debat ini masih belum rampung disiapkan KPU. Ini sedang kami matangkan," ujar Hasyim.

Nama-nama moderator yang dipersiapkan KPU akan diberikan kepada timses paslon capres-cawapres. "Dilempar kepada tim pasangan capres-cawapres untuk dinilai (netralitasnya, red)," kata Hasyim.​

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI