RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Tiga Pasangan Capres-Cawapres Diharapkan Hadiri Seluruh Debat

Tiga Pasangan Capres-Cawapres Diharapkan Hadiri Seluruh Debat

7 Desember 2023 14:06 WIB
Tiga Pasangan Capres-Cawapres Diharapkan Hadiri Seluruh Debat
Tiga pasangan capres-cawapres, masing-masing Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengikuti Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 di Kantor Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Senin, (27/11/2023) (Foto: RRI/Chaarly Lopulua).

KBRN, Jakarta: Tiga Pasangan calon capres-cawapres Pilpres 2024 diminta hadir di setiap acara debat. Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari meminta itu, sekalipun tema dan porsi debat sudah dibagi-bagi. 

Hasyim menjelaskan, kehadiran capres maupun cawapres bersifat mendampingi. "Namanya didampingi kan ya di sebelahnya," kata Hasyim dalam keterangan persnya, ditulis Kamis (7/12/2023).

Nantinya, seluruh pasangan capres-cawapres akan saling mendampingi di atas panggung debat. Jadi, tidak baik capres maupun cawapres tidak duduk di antara bangku tamu undangan.

"Saat debat capres maka hanya capres yang akan bicara, dan begitupun saat pelaksanaan debat cawapres. Hanya cawapres yang akan berbicara," ucap Hasyim.

Debat Pertama dijadwalkan berlangsung 12 Desember 2023. Selain HAM, debat ini juga membahas persoalan hukum, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Debat kedua dijadwalkan berlangsung 22 Desember 2023. Tema yang diperdebatkan adalah pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Sementara debat ketiga dijadwalkan pada 7 Januari 2024. Tema debat adalah ekonomi, kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, dan pengelolaan APBN.

Lalu debat keempat dijadwalkan berlangsung 21 Januari 2024. Tema debat perihal energi, sumber daya alam, SMN, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, serta masyarakat adat.

Adapun debat kelima dijadwalkan berlangsung 4 Februari 2024. Tema debat adalah teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-COVID Society), dan ketenagakerjaan.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI