RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Debat Berkualitas, KPU Tak Mau Sembarangan Pilih Panelis-Moderator

Debat Berkualitas, KPU Tak Mau Sembarangan Pilih Panelis-Moderator

7 Desember 2023 15:20 WIB
Debat Berkualitas, KPU Tak Mau Sembarangan Pilih Panelis-Moderator
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat berpidato. (Foto: Humas KPU RI)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan, panelis dan moderator debat capres-cawapres Pilpres 2024 adalah orang-orang yang ahli di bidangnya. Hal ini kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari demi mewujudkan debat berkualitas.

"Yang penting, yang akan jadi panelis adalah orang-orang yang kami nilai atau kami anggap berkompeten di bidang yang menjadi bahan debat. KPU tidak mau sembarangan memilih panelis dan moderator debat," kata Hasyim dalam keterangan persnya, Rabu (6/12/2023).

Hasyim mengatakan, KPU sudah mengantongi nama-nama yang layang menjadi moderator debat capres-cawapres. "Moderator itu nanti akan memimpin atau memoderasi debat capres-cawapres itu," ucap Hasyim.

Lebih lanjut, Hasyim menjelaskan, proses penyelenggaraan debat capres-cawapres akan dipandu dua orang moderator. Moderator yang dipersiapkan KPU itu, terdiri dari laki-laki dan perempuan.

"Namun nama pemandu debat ini masih belum rampung disiapkan KPU. Ini sedang kami matangkan," ujar Hasyim.

Kemudian, Hasyim menuturkan, nama-nama moderator yang dipersiapkan KPU nantinya diberikan kepada timses paslon capres-cawapres. "Moderator yang disiapkan KPU akan dilempar kepada tim pasangan capres-cawapres untuk dinilai," kata Hasyim.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI