TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Mahfud Md Akui “Gimmick” Politik Saat Ini Jadi Pembahasan Banyak Orang

Mahfud Md Akui “Gimmick” Politik Saat Ini Jadi Pembahasan Banyak Orang

7 Desember 2023 17:51 WIB
Mahfud Md Akui “Gimmick” Politik Saat Ini Jadi Pembahasan Banyak Orang

TVRINews, Jakarta

Menkopolhukam Mahfud MD menjawab pertanyaan mahasiswa universitas Brawijaya Malang terkait “gimmick” politik yang dinilai mempengaruhi voting behaviour.

Mahfud MD mengakui “gimmick” politik menjadi pembahasan banyak orang, dan menurutnya tugas mahasiswa sebagai agen of change untuk mengedukasi masyarakat memilih pemimpin yang baik.

“Gimmick politik jadi pembahasan banyak orang. Justru itu tugas mahasiswa untuk beritahu ke masyarakat pilih pemimpin yang baik. Digali gimmick itu bisa nilai sendiri. Yang penting anda memilih untuk beri penilaian “ ujar Mahfud

Menjawab pertanyaan terkait hukum digunakan sebagai instrumen politik, Mahfud menyampaikan tidak ada hukum yang lahir sendiri.

Hukum juga adalah produk politik. 

“Tidak ada hukum yang lahir sendiri, melainkan oleh pemegang otoritas politik. Bagaimana saudara gunakan hak politik untuk memilih. Mereka yang akan membuat hukum, “ kata Mahfud.

Mahfud MD bahkan menyatakan dalam disertasinya juga membahas hal ini yang pada intinya, jika peraturan hukum tidak sesuai kehendak pemain politik, hukumnya yang ditabrak. 

“Jika peraturan hukum tidak sesuai kehendak pemain politik, hukumnya yang ditabrak, ini isi disertasi saya tahun 93 di UGM. Oleh karenanya pembenahan dari hulunya, atau pemilu, “ ujarnya.

Menkopolhukam mengajak mahasiswa untuk membangun demokrasi yang bertanggung jawab dan bangun kesadaran bermartabat.

Pewarta: Redaksi TVRINews
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI