TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Panglima TNI Buka Suara Soal Acara Doa Kemenangan Prabowo-Gibran di Rindam Jaya

Panglima TNI Buka Suara Soal Acara Doa Kemenangan Prabowo-Gibran di Rindam Jaya

7 Desember 2023 18:02 WIB
Panglima TNI Buka Suara Soal Acara Doa Kemenangan Prabowo-Gibran di Rindam Jaya
Foto: Panglima TNI Agus Subiyanto

TVRINews, Jakarta

Saat ini telah beredar kabar, adanya acara doa bersama untuk kemenangan Prabowo-Gibran dengan dihadiri ulama serta tokoh masyarakat di lapangan Rindam Jaya pada 13 Desember 2023 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Panglima TNI, Agus Subiyanto menuturkan jika dirinya hingga saat ini belum mendengar informasi itu.

“Belum, belum dengar saya ada itu (acara doa kemenangan),” kata Agus di Hotel Bidakara, Kamis, 7 Desember 2023.

Kendati demikian, Ia akan memastikan jika TNI akan bersikap netral sebagaimana Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia. 

“Dalam pasal 39, disebutkan bahwa seluruh prajurit TNI dilarang berpolitik praktis,” kata dia lagi

"Jadi memang, kan sudah saya sampaikan selalu saya sampaikan bahwa koridor TNI itu kan ada UU No 34 tahun 2004 pasal 39 bahwa kita tidak boleh berpolitik praktis," tambahnya.

Kemudian, mantan KSAD itu menerangkan jika terdapat ancaman tindak pidana atau disiplin kepada anggota jika terbukti terlibat aktif melakukan politik praktis sebagaimana telah diatur dalam UU No.17 tahun 2007 tentang Pemilu.

"UU Pemilu Nomor 17 Tahun 2007 apabila tentara aktif berpolitik praktis akan ada tindakan pidana ataupun tindakan dari disiplin dari atasannya. Kita koridornya itu saja," ujar dia.

Selanjutnya, ia juga mengaku telah membuat edaran melalui buku saku dimana setiap prajurit punya buku saku. 

"Saya sudah membuat, edaran-edaran melalui buku saku setiap prajurit punya buku saku. melakukan penyuluhan melalui ST, komandan. Jadi kita sudah membuat langkah-langkah seperti itu agar prajurit netral," tukasnya.

Pewarta: Nirmala Hanifah
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI