RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Profil Ardianto dan Valerina, Moderator Debat Capres Cawapres

Profil Ardianto dan Valerina, Moderator Debat Capres Cawapres

9 Desember 2023 23:08 WIB
Profil Ardianto dan Valerina, Moderator Debat Capres Cawapres
Valerina Daniel (kiri) dan Ardianto Wijaya (kanan) berpose di suatu kesempatan (Foto: IG/valerinadaniel dan ardiantowijayak)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan moderator debat perdana calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024. Ia adalah dua jurnalis TVRI, Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.

Ardianto Wijaya adalah sosok yang akrab di televisi. Ia kerap menjadi pemandu acara diskusi, debat, dan lainnya.

Pria dengan nama lengkap Ardianto Wijaya Kusuma ini lahir di Banyuwangi, 25 Agustus 1993. Ardianto adalah news anchor TVRI yang awal kariernya merupakan presenter TVRI Jawa Barat.

Ia merupakan lulusan D3 Broadcasting angkatan 2011 Fikom Unpad. Sementara bangku SMA di SMAN Glagah Jateng.

Di Unpad, Ardianto dikenal berprestasi. Ia berhasil menyabet predikat Putra Padjadjaran, dalam pemilihan Putra Putri Padjadjaran 2013. 

Sementara Valerina yang lebih senior dari Ardianto juga tak kalah hebat. Pada Peringatan HUT Ke-78 RI di Istana Merdeka, 17 Agustus 2023 juga dipercaya menjadi pembawa acara.

Valerina lahir 28 November 1978 yang saat ini menjadi news anchor program Bahasa Inggris di TVRI World. Seorang jurnalis perempuan, Duta Lingkungan, serta Penasihat Komunikasi dan Keberlanjutan untuk Pemerintah Indonesia. 

Ia juga memiliki karier panjang di bidang presenting. Beberapa stasiun tv yang pernah memakai jasanya adalah TPI, Metro TV, BeritaSatu, SCTV, dan ANTV.

Valerina adalah None Jakarta 1999. Serta Runner Up Puteri Indonesia/Miss ASEAN Indonesia 2005.

Debat capres cawapres dijadwalkan berlangsung di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). Keduanya akan menjadi penengah, penjembatan, pemandu, dan pengendali debat.

Pewarta: Cecep
Editor: Bara
Sumber: RRI