TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Bawaslu Kota Parepare Akui Kesulitan Awasi Politik Uang di Era Digitalisasi

Bawaslu Kota Parepare Akui Kesulitan Awasi Politik Uang di Era Digitalisasi

10 Desember 2023 10:31 WIB
Bawaslu Kota Parepare Akui Kesulitan Awasi Politik Uang di Era Digitalisasi

TVRINews, Parepare

Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 diharapkan bersih dari yang namanya politik uang, sepertinya sangat jauh. Pasalnya,di era digitalisasi saat ini politik uang justru sangat canggih, transaksi bisa dilakukan dengan berbagai aplikasi pembayaran.

Hal itu membuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Parepare, Sulawesi selatan, kesulitan mengawasi politik uang pada Pemilu 2024. 

Ketua Bawaslu kota Parepare Zainal Asnun mengatakan pihaknya menjadi kendala dalam pengawasn karena semakin berkembangnya teknologi ada dugaan-dugaan pelaku politik uang itu menggunakan teknologi itu sendiri.  

“mengenai politik uang, ini juga menjadi satu fokus pengawasan dan menjadi termasuk satu kendala pengawasan  karena semakin berkembangnya teknologi ada dugaan-dugaan pelaku politik uang itu menggunakan atau memanfaatkan teknologi itu sendiri,” katanya kepada awak media termasuk tvrinews.com dalam kegiatan media gathering Bawaslu, Minggu, 10 Desember 2023.

“Jadi bawaslu tetap melakukan koordinasi karena memang ini agak sulit untuk mendeteksi pelaku politik uang seperti ini,” ujarnya melanjutkan.

Zainal menyebutka pelaku politik uang dapat saja menggunakan berbagai macam aplikasi pembayaran. Bawaslu hanya bisa berharap peran media massa dan masyarakat berinisiatif untuk melaporkan ketika ada dugaan-dugaan politik uang.

“Nah ini kita juga berharap teman-teman media dan masyarakat berinisiatif untuk melaporkan ketika ada dugaan-dugaan politik uang yang menggunakan seperti itu,” tuturnya.

Pewarta: Amiruddin
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI