RRI

RRI Tayangkan Debat Capres 12 Desember 2023

10 Desember 2023 15:27 WIB
RRI Tayangkan Debat Capres 12 Desember 2023
Suasana rapat tertutup antara KPU dengan masing-masing Timses pasangan Capres-Cawapres Pilpres 2024, di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (6/12/2023) (Foto: ANTARA)

KBRN, Jakarta: Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) akan menayangkan debat pertama Pilpres 2024  pada 12 Desember 2023. Sejumlah persiapan telah dilakukan RRI untuk menggelar kegiatan tersebut. 

Acara ini merupakan bagian kerja sama RRI dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara debat. Selain itu, kerja sama juga dilakukan RRI dengan TVRI yang juga merupakan lembaga penyiaran publik. 

KPU juga telah mengumumkan moderator debat perdana calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024. Mereka adalah dua jurnalis TVRI, Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.

Acara debat ini menghadirkan tiga panelis debat capres. Pertama adalah pakar hukum Unand Khairul Fahmi. 

Panelis kedua adalah pakar hukum tata negara UNS Agus Riewanto. Panelis terakhir yakni pakar tata hukum negara Unpad Susi Dwi Harijanti. 

Ketua KPU Hasyim Asy'ari sudah menjelaskan porsi tema yang akan diperdebatkan tiga paslon capres-cawapres Pilpres 2024. Porsi debat dilakukan sebanyak lima kali, terdiri tiga debat capres dan dua cawapres.

"Topik debat atau tema debat pertama menjadi porsinya capres berdebat. Temanya meliputi pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, kemudian penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga," kata Hasyim dalam keterangan persnya, Rabu (6/12/2023).


Pewarta: Iman
Editor: Nugroho
Sumber: RRI