RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Relawan Prabowo-Gibran Luncurkan Rumah Sehat Keliling untuk Masayarakat

Relawan Prabowo-Gibran Luncurkan Rumah Sehat Keliling untuk Masayarakat

10 Desember 2023 14:43 WIB
Relawan Prabowo-Gibran Luncurkan Rumah Sehat Keliling untuk Masayarakat
Rumah sehat keliling yang diluncurkan relawan Prabowo-Gibran untuk masyarakat di Jakarta Utara, Minggu (10/12/2023). Foto: Ryan Suryadi/RRI

KBRN, Jakarta: Relawan Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto Rabu Biru untuk Indonesia (RBUI) meluncurkan dua unit mobil Rumah Sehat Keliling di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (10/12/2023). Peluncuran Rumah Sehat Keliling Rabu Biru ditandai dengan pemberian pelayanan dan pemeriksaan kesehatan.

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran Bidang Relawan Roy Maningkas mengatakan, peluncuran Rumah Sehat Keliling masih menyasar warga di sekitar Jakarta. Setiap unit mobil menyediakan pelayanan kesehatan dasar dan tidak dipungut biaya.

"Banyak orang tidak tahu soal tensinya, kemudian gula darah. Misalnya sudah di atas ambang batas, kemudian asam urat, jadi pemeriksaan standar seperti itu," ucap Roy di lokasi.

Roy menyebut di dalam mobil ini sudah tersedia dokter, tenaga kesehatan dan juga peralatan pemeriksaan kesehatan. Konsep ini diharapkan akan jadi bagian dari penanganan kesehatan dari program Capres dan Cawapres Prabowo - Gibran.

"Relawan RBUI juga akan fokus pada pemberdayaan kesehatan masyarakat, penànganan stunting dari pemeriksaan dan pemberian vitamin, makanan bergizi kepada ibu hamil," ujar Roy.

Keberadaan Rumah Sehat Keliling ini merupakan bagian dari menggaungkan program Asta Cita keempat Prabowo-Gibran. Hal itu dalam bidang kesehatan untuk menuju Indonesia Emas tahun 2045. 

Karena menurutnya dengan masyarakat yang sehat akan menjadi produktif, mendapatkan produktivitas dan kesejahteraan.

Sementara Ketua Umum RBUI, Henny Daeng Parani menjelaskan, pihaknya menggelar bakti sosial Rumah Sehat Keliling dimulai dengan dua unit mobil sehat. Dan nantinya akan diperbanyak ke depannya untuk melayani warga dibeberapa kota.

"Pada rentang dua bulan ke depan, pemeriksaan kesehatan  RBUI  akan menyasar target 48 titik di sepanjang area Jabodetabek. Warga mana pun boleh memanfaatkan pemeriksaan kesehatan dan konsultasi dari tim medis melalui mobil sehat keliling ini," kata Henny. 

Selanjutnya RBUI akan memperluas cakupan dengan konsep yang sama menggunakan mobil sehat keliling. Pemeriksaan kesehatan dan konsultasi dokter hingga ke Pantura, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pewarta: Ryan Suryadi
Editor: Bara
Sumber: RRI