RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Dua News Anchor TVRI Jadi Moderator Debat Pertama

Dua News Anchor TVRI Jadi Moderator Debat Pertama

10 Desember 2023 21:25 WIB
Dua News Anchor TVRI Jadi Moderator Debat Pertama
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menentukan dua nama moderator debat pertama Capres-Cawapres di Pemilu 2024. Kedua moderator yang ditetapkan KPU RI yakni Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel dari TVRI. 

“Kami juga sudah mendapatkan moderator untuk diskusi atau debat pertama Capres-Cawapres. Yakni Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel," kata Komisioner KPU RI August Mellaz dalam keterangannya, Minggu (10/12/2023). 

Nantinya, dua nama tersebut akan memandu proses debat pertama Capres-Cawapres dan debat akan berlangsung 120 menit. Adapun, penjelasan singkat terkait profil kedua moderator debat Capres-Cawapres pertama untuk Pemilu 2024: 

Profil Ardianto Wijaya 

Ardianto Wijaya Kusuma seorang Pembawa Acara (News Anchor) berita di TVRI Nasional. Pria yang biasa disapa Jaya ini mengawali kariernya di TVRI Jawa Barat. 

Ardiyanto Wijaya Kusuma pernah berkuliah di Universitas Pandjajaran tahun 2011, mengambil jurusan Penyiaran (Broadcasting) D3. Saat kuliah, Ardiyanto pernah mendapatkan predikat Putra Padjajaran dalam pemilihan putra-putri Padjajaran 2013. 

Pria kelahiran Banyuwangi, 25 Agustus 1993 ini kemudian melanjutkan program Sarjana Jurnalistik di Universitas Sebelas Maret. Setelah lulus dari Pendidikan Sarjana, Ardiyanto kembali melanjutkan kariernya menjadi News Anchor di TVRI Nasional. 

Profil Valerina Daniel 

Valerina Daniel seorang pembawa acara  (News Anchor) di TVRI Nasional dan juga dikenal sebagai Penasihat Komunikasi yang berspesialisasi dalam urusan pemerintah. Selain itu, Valerina juga merupakan lulusan Monash University, Australia di bidang Master of Communications and Media Studies. 

Sebelumnya, Valerina telah memperoleh gelar Sarjana Hubungan Internasional dari Universitas Indonesia. Dan Valerina telah berkecimpung di dunia Jurnalis lebih dari 20 tahun. 

Diketahui. Valerina juga memiliki karier panjang di beberapa stasiun televisi nasional. Antara lain Metro TV, SCTV, BeritaSatu, ANTV dan TVRI.

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Beri
Sumber: RRI