RRI

Profil Phil Al Makin, Panelis Debat Capres

10 Desember 2023 22:15 WIB
Profil Phil Al Makin, Panelis Debat Capres
Prof. Dr. Phil. H. Al Makin, S.Ag., M.A. Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga. (Foto: uin-suka.ac.id/ist)

KBRN, Jakarta: Prof Dr Phil H. Al Makin, S.Ag., M.A. ditetapkan sebagai panelis debat perdana Capres-Cawapres Pilpres 2024, Sabtu (9/12/2023). Berikut profil Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga itu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan 11 nama panelis. Dan Phil. Al Makin termasuk dari 11 nama tersebut.

Phil Al Makin nantinya akan bertugas merumuskan pertanyaan yang akan disampaikan oleh moderator dalam debat. Ia akan menjalani karantina bersama 10 panelis lainnya di Jakarta pada 10-13 Desember 2023.

Phil yang lahir pada 12 September 1972 adalah dosen, akademisi, dan ahli sosiologi agama Indonesia. Ia menjabat Rektor UIN Sunan Kalijaga periode 2020-2024 dan Guru Besar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Phil merupakan salah satu ahli di bidang keilmuan pada Filsafat, Sejarah Islam Awal, dan Sosiologi Masyarakat Muslim. Serta Keragaman, Multikulturalisme, dan Studi Minoritas, Agama-agama Asli Indonesia, Dialog Antar Iman, dan Studi Gerakan Keagamaan Baru. 

Phil memiliki buku tentang keragaman resensi di berbagai media. Isi buku tersebut menawarkan konsep keragaman dalam Sejarah Islam dan Indonesia.

Selain itu, Ia juga menulis buku yang berisi fenomena kenabian dan kemunculan para nabi di Indonesia. Ia juga menulis banyak artikel berbicara tentang keragaman, politik, budaya, filsafat, tafsir, dan sejarah. 

Namanya tercatat sebagai Ketua Editor Jurnal Internasional Al-Jami'ah (2011-2020). Serta Ketua LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UIN Sunan Kalijaga (2016-2020).

Phil atau yang akrab disapa Al Makin adalah salah satu pendiri portal jurnal Kementerian Agama Moraref (Referensi Kementerian Agama). Al Makin juga asesor akreditasi jurnal nasional Sinta, seperti dikutip dari Akademi Ilmuwan Muda Indonesia.

Pewarta: Rifki
Editor: Beri
Sumber: RRI