RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Jelang Debat Capres-Cawapres, KPU Jamin Pengamanan Ketat

Jelang Debat Capres-Cawapres, KPU Jamin Pengamanan Ketat

11 Desember 2023 00:30 WIB
Jelang Debat Capres-Cawapres, KPU Jamin Pengamanan Ketat
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), August Mellaz. (Foto: Dok. Humas KPU)

KBRN, Jakarta: Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) August Mellaz memastikan, Polri siap mengamankan seluruh rangkaian penyelenggaraan Pemilu 2024. Khususnya, jelang acara debat perdana capres-cawapres pada Selasa (12/12/2023) besok.

Setelah penetapan paslon dan nomor urut, Mellaz mengatakan bahwa Polri telah memberikan pengamanan kepada capres dan cawapres. Menurutnya, pihak keamanan, kepolisian sudah berkoordinasi sejak awal. "Setelah penetapan paslon capres dan cawapres, pengamanan tersebut sudah langsung melekat," kata kata Mellaz dalam keterangan persnya, Minggu (10/12/2023).

Ia pun mengapresiasi, langkah sigap kepolisian yang mengawal penyelenggaraan Pemilu 2024. Menurut Mellaz, kehadiran Polri dalam mengamankan proses pesta demokrasi lima tahunan tersebut sangat membantu KPU.

"Selama ini kegiatan-kegiatan KPU yang melibatkan banyak massa, contoh pendaftaran parpol, pendaftaran bakal paslon, itu semuanya kan melibatkan koordinasi dengan pihak keamanan. Selama ini mereka sangat membantu," ujarnya.

Pada saat debat perdana capres-cawapres dimulai, Mellaz menegaskan bahwa area sekitar kantor KPU akan dikawal ketat oleh Polri. Sebagai contoh, sterilisasi akan dilakukan di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

"Tentu saja, keamanan yang berada di luar pagarnya KPU, itu wilayahnya kepolisian. Misalnya sterilisasi jalur depan Jalan Imam Bonjol, itu akan dikosongkan," ucap Mellaz.

Diketahui, penyelenggaraan debat pertama capres-cawapres akan digelar di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, pada Selasa (12/12/2023). KPU menjamin sebelas panelis yang tampil merupakan sosok yang berkompeten di bidangnya.

Tema debat pertama ini bakal membahas persoalan pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), dan pemberantasan korupsi. Juga  penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Heri Firmansyah
Sumber: RRI