RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Miliki Pengalaman, Anies Baswedan Siap Tarung Debat Perdana

Miliki Pengalaman, Anies Baswedan Siap Tarung Debat Perdana

11 Desember 2023 10:12 WIB
Miliki Pengalaman, Anies Baswedan Siap Tarung Debat Perdana
Capres dan Cawapres Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kedua kiri), Capres dan Cawapres Prabowo Subianto (ketiga kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kanan), serta Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo (kedua kanan) dan Mahfud MD (kanan) berfoto bersama dengan menunjukkan nomor hasil undian pada Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Pemilu Tahun 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/11/2023) (Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

KBRN, Jakarta: Capres nomor urut 1 Anies Baswedan mengaku, miliki pengalaman panjang dalam acara debat pilpres. Terlebih, eks Gubernur DKI Jakarta itu pernah menjadi moderator debat capres-cawapres pada Pilpres 2009.

Atas dasar itulah, Anies menegaskan, siap melakukan debat perdana capres-cawapres Pilpres 2024 yang diselenggarakan KPU RI. Debat pertama tersebut, diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023) besok, pukul 19.00 WIB.

"Pernah beberapa kali (terlibat acara debat capres-cawapres), pernah jadi moderator. Kemudian, pernah mempersiapkan calon untuk ikut debat, dan sekarang saya mau ikut debat,” kata Anies dalam keterangan persnya, Minggu (10/12/2023).

Anies mengungkapkan, tidak ada rasa takut atau panik di dalam dirinya untuk mengikuti debat capres-cawapres. Terlebih, dirinya sudah memasang 'kuda-kuda' dalam bertarung debat perdana tersebut.

“Pengalaman yang cukup lengkaplah menurut saya. Tentu harus baca-baca, semuanya harus ada persiapan, harus ada istirahat cukup,” ucap Anies.

Pada debat pertama, KPU RI akan mengambil tema debat seputar hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi. Rencananya, debat pertama dan kedua digelar pada 12 dan 22 Desember 2023.

Kemudian dilanjutkan dengan debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024.

Sedangkan debat terakhir Pilpres 2024 akan dilaksanakan pada 4 Februari 2024. Kelima acara debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI