TVRI

Ini Profil Moderator Debat Perdana Capres 

11 Desember 2023 12:26 WIB
Ini Profil Moderator Debat Perdana Capres 

TVRINews, Jakarta

Debat perdana Calon Presiden (Capres) akan digelar KPU RI besok, Selasa, 12 Desember 2023 pukul 19.00 WIB selama 2 jam. Moderator debat telah dipilih KPU RI yaitu jurnalis TVRI Ardianto Wijaya Kusuma dan Valerina Daniel.

Kedua moderator dipilih berdasarkan masukan dan tanggapan dari tim kampanye nasional masing masing pasangan calon sesuai keputusan KPU nomor 1621 tahun 2023. 

Moderator debat perdana terpilih, Ardianto Wijaya Kusuma mengaku melakukan sejumlah persiapan diantaranya olahraga agar kondisi badan prima. Sementara terkait materi debat, Ardianto Wijaya Kusuma atau biasa disapa jaya mengungkapkan telah berkomunikasi dengan para panelis secara garis besar, karena materi pertanyaan bersifat rahasia. Jaya juga mengungkapkan telah melakukan pendalaman susunan acara yang berlangsung selama 120 menit itu.

“Persiapan khusus ya olahraga agar kondisi badan sehat dan prima. Pendalaman rundown acara juga tentu dilakukan karena acara berlangsung 120 menit. Kalau materi debat kan bersifat confidential atau rahasia ya nanti dibacakan langsung saat debat, tapi komunikasi terkait garis besar dengan para panelis juga sudah dilakukan.” Ujar jaya kepada tvrinews.com. 

Ardianto Wijaya Kusuma atau Jaya merupakan news anchor atau pembawa acara berita di TVRI Nasional. Jaya mengawali kariernya di TVRI Jawa Barat sejak tahun 2012, kemudian melanjutkan kariernya di TVRI Nasional sejak tahun 2017 baik sebagai news anchor maupun reporter aktif di lapangan hingga saat ini.  

Ardianto Wijaya atau jaya lahir di Banyuwangi, 25 Agustus 1993. Jaya menempuh pendidikan D3 Broadcasting di Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Negeri Padjajaran (UNPAD) Bandung Jawa Barat angkatan 2011 dan melanjutkan program sarjana Ilmu Komunikasi di Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. 

Di UNPAD, jaya pernah menyabet predikat Putra Padjajaran dalam pemilihan Putra Putri Padjajaran 2013. 

Sementara itu Valerina Daniel yang juga terpilih sebagai moderator debat perdana Capres merupakan seorang news anchor atau pembawa acara berita di TVRI World. Sosoknya juga dikenal sebagai penasihat komunikasi yang spesialisasi dalam urusan pemerintahan, serta sebagai media/hubungan masyarakat. 

Valerina merupakan lulusan Monash University, Australia di bidang Master of Communications and media studies.
Valerina sebelumnya memperoleh gelar sarjana hubungan internasional dari Universitas Indonesia. 

Valerina merupakan sosok Jurnalis perempuan senior yang telah berkecimpung di bidangnya selama lebih dari 20 tahun. Valerina juga memiliki karier di sejumlah stasiun televisi nasional di tanah air.

Pewarta: Redaksi TVRINews
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI