TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Umumkan Durasi Debat Perdana Pilpres 2024 Selama 150 Menit dan Dibagi 6 Segmen

KPU Umumkan Durasi Debat Perdana Pilpres 2024 Selama 150 Menit dan Dibagi 6 Segmen

11 Desember 2023 17:49 WIB
KPU Umumkan Durasi Debat Perdana Pilpres 2024 Selama 150 Menit dan Dibagi 6 Segmen
KPU Umumkan Durasi Debat Perdana Pilpres 2024 Selama 150 Menit dan Dibagi 6 Segmen

TVRINews, Jakarta

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari menjelaskan bahwa debat perdana Pilpres 2024 akan berlangsung selama 150 menit. Durasi debat tersebut akan terbagi menjadi beberapa sesi yang berdurasi total 120 menit. 

"Durasi waktu totalnya 150 menit, tapi untuk debatnya 120 menit, dibagi enam segmen dan di antara segmen ada jeda iklan waktunya kurang lebih lima menit," kata Hasyim saat jumpa pers di Kantor KPU Republik Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 11 Desember 2023.

Hasyim menambahkan bahwa sebanyak 11 panelis telah dipilih dan menandatangani pakta integritas, dan mereka telah bekerja keras dalam menyusun bank soal yang akan digunakan selama debat. Selain itu, para panelis tersebut telah dikarantina sejak dua hari yang lalu untuk menjaga profesionalitas.

"Panelis sudah bekerja dan moderator yang akan memimpin debat capres, mereka sudah siap," ucap Hasyim.

Pada waktu yang sama, Komisioner KPU August Mellaz menambahkan bahwa ada enam segmen yang akan dijalankan pada debat tersebut. Segmen pertama adalah pembukaan acara dan pembacaan tata tertib.

Baca Juga: Ganjar–Mahfud Siap debat Perdana, bawa Aspirasi Masyarakat Selama Dua Pekan Pertama Kampanye

Selanjutnya, akan disampaikan visi dan misi yang akan diterapkan serta program kerja yang akan dijalankan.

"Segmen kedua dan ketiga, pendalaman visi misi dan program kerja, pertanyaan dan interaksi antara pasangan calon yang lain. Segmen empat dan lima yaitu tanya jawab dan tanggapan di sana akan terjadi proses interaksi tanggapan lontaran pertanyaan dari pasangan calon dan direspon antara calon dengan calon yang lain dan terakhir adalah segmen penutup," ujar August.

Diketahui, debat perdana calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan digelar pada Selasa, 12 Desember 2023. Debat ini menjadi ajang pertama bagi ketiga calon presiden untuk beradu gagasan mengenai sejumlah tema penting yang akan menjadi fokus dalam kepemimpinan mereka nanti.

Baca Juga: TVRI menjadi TV Host Broadcast Debat Pilpres Pertama

Tema yang akan dibahas dalam debat perdana ini mencakup masalah hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Pewarta: Ridho Dwi Putranto
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI