TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Pastikan Kondisi Optimal Debat Capres-Cawapres: Simak Tema dan Stasiun Televisi yang Menayangkan

KPU Pastikan Kondisi Optimal Debat Capres-Cawapres: Simak Tema dan Stasiun Televisi yang Menayangkan

11 Desember 2023 19:13 WIB
KPU Pastikan Kondisi Optimal Debat Capres-Cawapres: Simak Tema dan Stasiun Televisi yang Menayangkan
KPU Pastikan Kondisi Optimal Debat Capres-Cawapres: Simak Tema dan Stasiun Televisi yang Menayangkan

TVRINews, Jakarta 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah menyusun jadwal debat resmi untuk pemilihan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Komisioner KPU RI August Mellaz menyatakan KPU memiliki peran sebagai fasilitator dalam debat dan menjadi salah satu metode kampanye bagi calon presiden dan calon wakil presiden, sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Pasal 275 ayat 1 huruf h Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

"KPU memfasilitasi salah satu metode kampanye, yaitu debat pasangan calon tentang materi kampanye pasangan calon yang dapat didanai oleh APBN,” jelas August dalam konferensi pers Kesiapan Debat Capres 2024 di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 11 Desember 2023.

August menjelaskan, bahwa kampanye pemilu menjadi salah satu komponen sistem demokrasi dalam menciptakan proses pemilihan umum yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Kemudian, August mengatakan Kampanye menjadi sarana bagi peserta pemilu untuk mengekspos visi, misi, serta program yang akan mereka laksanakan jika terpilih sebagai pemimpin negara.

Baca Juga: KPU Umumkan Durasi Debat Perdana Pilpres 2024 Selama 150 Menit dan Dibagi 6 Segmen

"Ini menjadi poin penting dan juga diharapkan akan dapat meningkatkan kesadaran politik warga negara dan partisipasi warga negara  menjadi pemilih.” kata August.

“Selama masa kampanye debat kampanye calon presiden-wakil presiden, KPU menfasilitasi ada lima kali debat, yaitu tiga kali untuk calon presiden dan dua kali untuk calon wakil presiden,” tambahnya.

Menurut August, dalam rangka menyelenggarakan debat pasangan calon yang akan datang, KPU telah melakukan persiapan yang matang untuk memastikan debat berjalan lancar.

“Dari lima pelaksanaan debat yang kami sudah tetapkan, debat pertama untuk capres dilaksanakan tanggal 12 Desember 2023,” jelas August.

Pada debat perdana, para peserta akan membahas berbagai tema, seperti pemerintahan yang efektif, hukum yang adil, perlindungan hak asasi manusia, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik yang berkualitas, penanganan disinformasi yang meresahkan, serta memperkuat kerukunan antarwarga.

"Debat pertama akan disiarkan oleh TVRI dan RRI," kata August.

"Debat kedua, cawapres, dilaksanakan tanggal 22 Desember 2023, dengan tema ekonomi, kerakyatan dan digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, serta perkotaan,” sambungnya.

Kemudian, pada debat kedua terdapat tiga stasiun televisi yang akan menyiarkannya secara langsung. Ketiga stasiun tersebut adalah Transcorp, KompasTV, dan BTV.

Debat ketiga dalam rangka pemilihan calon presiden akan diselenggarakan pada tanggal 7 Januari 2024. Debat ini akan membahas mengenai isu-isu berkaitan dengan pertahanan keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Acara ini akan ditayangkan oleh stasiun televisi ternama, yaitu MNC grup.

"Kemudian debat keempat untuk cawapres dilaksanakan pada 21 Januari 2024, dengan tema pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, energi, pangan, masyarakat adat, dan desa. Sedangkan sebagai TV penyelenggara adalah SCTV, Indosiar, dan Metro TV,” ujar August.

Selanjutnya debat kelima, kata August, melibatkan kedua calon presiden (capres) yang akan membahas tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, teknologi informasi, pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. Debat kelima akan digelar pada tanggal 4 Februari 2024.

"Pelaksanaan siaran akan ditangani oleh Viva grup, ada TV One dan Net TV, dan Garuda TV,” ujar August.

Pewarta: Ridho Dwi Putranto
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI