TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Pastikan Debat Pilpres Bakal Berlangsung Interaktif

KPU Pastikan Debat Pilpres Bakal Berlangsung Interaktif

11 Desember 2023 19:22 WIB
KPU Pastikan Debat Pilpres Bakal Berlangsung Interaktif
KPU Pastikan Debat Pilpres Bakal Berlangsung Interaktif

TVRINews, Jakarta 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pastikan debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) Pilpres 2024 akan diadakan dengan format yang lebih interaktif. 

Nantinya, debat Capres akan dilaksanakan sebanyak 3 kali, sedangkan debat Cawapres akan dilaksanakan 2 kali.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, menyatakan sebelum memasuki tahap debat antara Calon Presiden dan Wakil Presiden, pertanyaan yang akan diajukan akan dipilih secara acak oleh 11 panelis yang telah ditunjuk.

Secara total, terdapat 18 pertanyaan yang berasal dari berbagai tema yang akan diserahkan kepada moderator untuk disampaikan.

"Pada kesempatan pertama itu nanti saya sampaikan bahwa panelis akan menyusun 18 pertanyaan itu kan ada 6 segment. Berarti ada 3 pertanyaan yang disiapkan untuk masing masing segmen, satu segmen ada tiga pertanyaan," kata Hasyim di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 11 Desember 2023.

Baca Juga: KPU Gelar Gladi Bersih Debat Perdana Capres Malam Ini, Antisipasi Ketersediaan Tempat Duduk untuk Pendukung Besok

Selain itu, Hasyim memastikan bahwa debat yang berlangsung tidak akan terkesan seperti cerdas cermat. Hal ini dikarenakan pihaknya telah dengan cermat menyusun porsi debat untuk setiap pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden yang akan berpartisipasi.

Setiap Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden akan diberikan kesempatan untuk saling berinteraksi dalam sesi perdebatan dengan topik-topik yang telah ditentukan, masing-masing calon diberikan waktu untuk menyampaikan pernyataan dan menjawab pertanyaan.

"Supaya debatnya nggak terkesan monoton, seperti cerdas cermat, ada interkasi atau tidak, kami pastikan di dalam rundown itu justru kesempatan antar calon untuk berinteraksi itu dikatakan untuk debat pemilu 2024 ini lebih banyak," ujar Hasyim.

Selanjutnya, Hasyim mengatakan sebelum memulai debat Capres atau Cawapres, seluruh kandidat akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi mereka selama 2 menit. Setelah para kandidat menyampaikan visi dan misi mereka, moderator akan menyampaikan pertanyaan yang disiapkan terlebih dahulu.

Kemudian, setelah dua calon presiden atau calon wakil presiden menjawab pertanyaan tersebut selama dua menit, kalimat tersebut dilanjutkan dengan respon dari calon lainnya selama satu menit. Durasi waktu yang telah ditentukan akan berlaku selama debat berlangsung.

"Misalkan kesempatan pertama, si calon A itu calon B dan C diberikan kesempatan untuk menanggapi apa yang disampaikan oleh calon A. setelah menanggapi, calon A juga diberikan kesempatan untuk menanggapi balik supaya kemudian clear di bagian perdebatan itu," tutur Hasyim.

Baca Juga: KPU Umumkan Durasi Debat Perdana Pilpres 2024 Selama 150 Menit dan Dibagi 6 Segmen

Diketahui, debat pertama capres berlangsung pada Selasa, 12 Desember 2023. Debat ini akan mengangkat tema meliputi Hukum, Hak Asasi Manusia, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

Para calon presiden akan memperebutkan porsi terbaik untuk menyampaikan visi dan misi mereka. Debat ini akan diikuti oleh semua calon presiden yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai calon resmi dalam pemilihan presiden.

Pewarta: Ridho Dwi Putranto
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI