RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Debat Capres-Cawapres Pertama, Simak Pengamanan dan Rekayasa Lalin

Debat Capres-Cawapres Pertama, Simak Pengamanan dan Rekayasa Lalin

12 Desember 2023 06:25 WIB
Debat Capres-Cawapres Pertama, Simak Pengamanan dan Rekayasa Lalin
Selasa (12/12/2023) malam ini adalah debat pertama Capres-cawapres 2024 di Kantor KPU Pusat, Jakarta. Sekitar 2.000 personel gabungan dikerahkan untuk melakukan pengamanan termasuk rekayasa lalu lintas. Tampak para personel gabungan saat melaksanakan apel pengamanan. (Foto : Istimewa)

KBRN, Jakarta: Sekitar 2.000 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan acara debat Capres-Cawapres pertama di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat. Hal ini disampaikan, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko.

"Seluruh personel yang dilibatkan dalam proses pengamanan ini ada sebanyak 2.000 personel. Acara debat pertama di KPU pada Selasa 12 Desember 2023 malam,” kata Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulis, Selasa (12/12/2023).

Ribuan personel itu, kata Trunoyudo, merupakan gabungan dari tujuh satuan tugas (Satgas). Yakni Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcarlantas, Satgas Tindak, Satgas Gakkum, Satgas Humas dan Satgas Banops.

“Untuk rekayasa lalu lintas hanya bersifat situasional dimulai pukul 15.00 WIB. Kemudian pada saat acara debat dimulai pada pukul 19.00 WIB,” ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menyampaikan mekanisme debat perdana Capres-Cawapres akan berlangsung di Kantor KPU RI. Debat pertama ini akan dimulai pada pukul 19.00 WIB dan perserta akan diikuti oleh Capres.

"Siapa yang berdebat? Ya untuk besok malam kesempatan pertama pada debat capres-cawapres. Dipanggung untuk berdebat hanya Capresnya saja,” kata Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari.

Adapun untuk durasi debat akan berjalan selama 150 menit. Meski demikian, durasi khusus debatnya 120 menit atau 2 jam.

Ada pun rekayasa lalu lintas (lalin) untuk pengamanan debat capres di pusatkan di dua lokasi. Pertama sekitar Traffic Light (TL) Imam Bonjol atau Graha Mandiri kedua Traffic Light HOS Cokroaminoto

 Berikut rekayasa lalu lintas saat berlangsung debat capres pada Selasa malam:

Traffic Light Imam Bonjol atau Graha Mandiri.

- Kendaraan yang datang dari arah Bundaran HI yang akan menuju Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan H Agus Salim maupun Jalan Pamekasan.

- Kendaraan yang datang dari arah Jalan H Agus Salim yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Pamekasan atau belok ke kanan ke arah Bundaran HI.

Traffic Light HOS Cokroaminoto

- Kendaraan yang datang dari arah Jalan Rasuna Said yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Cokroaminoto atau elok ke kanan ke Jalan Diponegoro.

- Kendaraan yang datang dari arah Jalan Diponegoro yang akan menuju Bundaran HI dialihkan ke kiri Jalan Rasuna Said maupun ke kanan Jalan HOS Cokroaminoto.


Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: witokaryono
Sumber: RRI