TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Direktur Utama LPP TVRI Siap Siarkan Debat Perdana Capres sebagai Wujud Komitmen Dukung Proses Demokrasi

Direktur Utama LPP TVRI Siap Siarkan Debat Perdana Capres sebagai Wujud Komitmen Dukung Proses Demokrasi

12 Desember 2023 06:56 WIB
Direktur Utama LPP TVRI Siap Siarkan Debat Perdana Capres sebagai Wujud Komitmen Dukung Proses Demokrasi

TVRINews, Jakarta

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Televisi Republik Indonesia (TVRI) dan Radio Republik Indonesia (RRI) pada malam ini melakukan gladi bersih sebagai persiapan menyambut debat perdana capres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 11 Desember 2023.

Berdasarkan pantauan, nampak hadir Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Iman Brotoseno saat gladi bersih. Ia langsung menuju tempat yang akan menjadi debat perdana capres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI, Iman Brotoseno mengatakan bahwa pihaknya telah siap untuk menyiarkan debat perdana calon presiden (Capres) sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kesuksesan proses debat capres.

Baca Juga: KPU Pastikan Debat Pilpres Bakal Berlangsung Interaktif

"Ya jadi ini merupakan komitmen kita untuk menyukseskan proses debat capres," kata Iman di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 11 Desember 2023.

Iman menjelaskan jadwal penugasan dan tanggung jawab untuk debat perdana capres baru diumumkan empat hari sebelumnya. 

Oleh sebab itu, pihaknya hanya memiliki waktu yang sangat singkat untuk mempersiapkan segala hal terkait debat tersebut,.

"Yang menarik bahwa sebenarnya kita baru mendapatkan kabar penugasan dan tanggung jawab ini baru 4 hari ya, jadi kita hanya punya waktu yang mepet 4 hari," ucap Iman.

Menurutnya, lembaga penyiaran lain mungkin tidak siap sebagai penyelenggara debat tersebut. Namun, pihaknya bersedia dan bertanggung jawab pada debat perdana capres  agar tidak mengalami kendala atau keterlambatan.

"Lembaga penyiaran lain yang tidak siap, tidak sanggup, tapi kita sanggup agar debat perdana capres ini bisa lancar dan berjalan sukses, karena kami juga tidak mau nanti ada proses molor nih kalau nggak ada yang berani ngambil nih buat debat pertama ini," ujarnya.

Selain itu, Iman Brotoseno memastikan bahwa semua tahapan persiapan dilakukan secara detail dan aspek sudah dipersiapkan untuk memastikan kelancaran saat debat perdana capres, agar masyarakat dapat memilih pemimpin berkualitas untuk masa depan yang lebih baik.

"Jadi kita memastikan bahwa persiapan semua harus berjalan dengan lancar, sehingga besok pada hari H (debat perdana capres) bisa berjalan dengan sukses, karena ini bagian proses untuk memilih pemimpin masa depan." ujarnya.

"Dari segi peralatan, equipment, lighting dan juga sound ini penting ya karena lokasi ini terletak di pinggir jalan jadi kitaa harus mengatur bagaimana supaya sound ini terdengar clear dan jernih" lanjutnya.

Lebih lanjut, Iman menjelaskan pihaknya telah menyusun skenario yang terutama fokus pada mitigasi terkait cuaca. Hal ini sangat penting karena acara yang akan diselenggarakan di luar ruangan, sehingga perlu dipersiapkan segala kemungkinan, termasuk cuaca buruk seperti hujan.

Ia juga menekankan bahwa pihaknya telah menyiapkan rencana cadangan atau 'plan b' jika memang terjadi hujan pada saat acara berlangsung. Salah satu rencana tersebut adalah dengan memindahkan acara ke ruangan lain yang lebih aman dan nyaman untuk dilaksanakan.

"Kita sudah punya skenario terutama mitigasi terkait dengan cuaca, misalnya karena ini kan di outdoor terbuka, siapa tau hujan, kita nggak tahu tapi kita sudah menyiapkan mitigasi untuk plan b di ruangan lain jika terjadi hujan," ujarnya.

"Mudah mudahan tidak hujan sehingga kita tetap sesuai dengan skenario a untuk melakukan debat perdana capres," sambungnya.

Baca Juga: KPU Pastikan Kondisi Optimal Debat Capres-Cawapres: Simak Tema dan Stasiun Televisi yang Menayangkan

Iman berharap  momen debat perdana capres ini akan menjadi kebanggaan bagi insan TVRI sebagai televisi publik yang bertanggung jawab besar dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Salah satunya adalah melakukan penyiaran debat capres yang pertama.

Melalui penyiaran debat ini, TVRI telah menunjukkan kepada masyarakat bahwa televisi negara ini tidak hanya sekadar sebagai hiburan semata, namun juga memiliki peran penting dalam membentuk opini publik dan membantu proses demokras di Indonesia.

Pewarta: Ridho Dwi Putranto
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI