TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Debat Perdana, Ganjar-Mahfud Tegaskan Komitmen UU Perampasan Aset

Debat Perdana, Ganjar-Mahfud Tegaskan Komitmen UU Perampasan Aset

12 Desember 2023 09:40 WIB
Debat Perdana, Ganjar-Mahfud Tegaskan Komitmen UU Perampasan Aset
Debat Perdana, Ganjar-Mahfud Tegaskan Komitmen UU Perampasan Aset

TVRINews, Jakarta

Juru Bicara TPN Ganjar, Mahfud Md, Chico Hakim mengatakan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan memaparkan komitmen antikorupsi dalam debat capres yang digelar KPU, Selasa, 12 Desember 2023 malam nanti.

Pada debat perdana, KPU mengangkat tema Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.

"Mas Ganjar dan Prof Mahfud punya program konkret, antara lain melalui percepatan digitalisasi birokrasi untuk pencegahan korupsi, penguatan KPK bersama dengan Kejaksaan dan Polri secara sinergis dan harmonis, serta mewujudkan UU Perampasan Aset untuk mengamankan aset negara dari tangan koruptor," kata Chico kepada wartawan, Selasa, 12 Desember 2023.

Baca Juga: Direktur Utama LPP TVRI Siap Siarkan Debat Perdana Capres sebagai Wujud Komitmen Dukung Proses Demokrasi

Chico mengatakan bahwa Ganjar dan Mahfud lahir dan tumbuh dari keluarga yang sederhana. Menurutnya, Ganjar-Mahfud juga tidak pernah memanfaatkan segala hal untuk mendapatkan berbagai jabatan tinggi di pemerintahan.

"Rekam jejak juga sudah membuktikan. Mas Ganjar Berhasil membawa semangat 'Ora Korupsi Ora Ngapusi' selama menjabat sebagai gubernur sehingga sampai tiga kali berturut-turut Provinsi Jawa Tengah mendapatkan penghargaan KPK," ucap Chico.

Selain itu, Chico juga menambahkan, bahwa Mahfud sukses mengungkap berbagai kasus besar seperti kasus Ferdy Sambo, kejanggalan transaksi di Kementerian Keuangan, hingga soal safe deposit box mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo.

"Tidak ada kompromi untuk KKN. Maka itu, kita pasti sangat yakin Mas Ganjar dan Prof Mahfud bisa mengimplementasikan semangat antikorupsi saat nantinya menjabat menjadi presiden dan wakil presiden untuk membawa Indonesia jadi lebih baik," ujarnya.

Sebagai informasi tambahan, debat pertama untuk capres digelar pada 12 Desember 2023. Temanya meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Baca Juga: Kawal Debat Perdana Capres-Cawapres, Polda Metro Jaya Terjunkan 2.000 Personel

Debat kedua untuk cawapres digelar 22 Desember 2023. Temanya meliputi ekonomi, baik kerakyatan, maupun digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/D, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat ketiga untuk capres digelar 7 Januari 2024. Temanya pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Debat keempat untuk cawapres digelar pada 21 Januari 2024. Temanya adalah pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Pewarta: Nisa Alfiani
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI