RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU: Pendanaan Penyelenggaraan Debat Capres-Cawapres dari APBN

KPU: Pendanaan Penyelenggaraan Debat Capres-Cawapres dari APBN

12 Desember 2023 10:20 WIB
KPU: Pendanaan Penyelenggaraan Debat Capres-Cawapres dari APBN
Proses penyiapan panggung debat capres-cawapres Pilpres 2024 oleh KPU RI, di Jakarta. (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, pendanaan penyelenggaraan debat capres-cawapres Pilpres 2024 murni berasal dari APBN. Fasilitas debat capres-cawapres yang diselenggarakan KPU, sesuai ketentuan Pasal 275 Ayat 1 Huruf h Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

"KPU memfasilitasi salah satu  pelaksanaan metode kampanye yaitu debat pasangan calon tentang materi kampanye pasangan calon. Dapat didanai oleh APBN, kampanye pemilu merupakan bagian integral dari sistem demokrasi," kata Mellaz saat melakukan konferensi pers jelang debat capres-cawapres Pilpres 2024, di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Dalam debat capres-cawapres tersebut, ia mengungkapkan, KPU ingin mewujudkan pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Terlebih, dalam acara debat para paslon capres-cawapres akan menyampaikan visi-misi dan program kerja kepada publik.

"Dalam pemilu 2024, kampanye menjadi salah satu tahapan penting. Mengingat peserta pemilu akan berusaha  menyampaikan visi misi, konsep, serta program dalam rangka meyakinkan pemilih," ucapnya.

Dari penyelenggaraan debat itupula, ia berharap, menjadi poin penting untuk masyarakat dalam meningkatkan kesadaran politik. Sekaligus, meningkatkan partisipasi warga negara menjadi pemilih pada Pemilu 2024.

"Selama masa kampanye, debat pasangan capres-cawapres, KPU memfasilitasi ada lima kali debat. Tiga kali untuk calon presiden dan dua kali untuk calon wakil presiden," ucapnya.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI