RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pemilu 2024, Anak-Anak Muda Diyakini Punya DNA Pejuang

Pemilu 2024, Anak-Anak Muda Diyakini Punya DNA Pejuang

12 Desember 2023 11:39 WIB
Pemilu 2024, Anak-Anak Muda Diyakini Punya DNA Pejuang
Para pemilih muda saat berfoto dengan maskot Pemilu 2024 Sura dan Sulu. Aktivis Muda Yayan Sopian meyakini bahwa dalam Pemilu 2024 ini anak-anak muda memiliki peran penting dan mereka punya DNA pejuang. (Foto: KPU RI)

KBRN, Jakarta: Aktivis Muda Yayan Sopian menegaskan, Pemilu 2024 ini anak-anak muda memiliki peran penting dalam menentukan masa depan Indonesia. Terlebih, anak-anak muda Indonesia memiliki DNA dari perjuangan para pejuang di tahun 1928.

DNA merupakan suatu senyawa kimia yang penting pada makhluk hidup. Tugas utamanya membawa materi genetik dari suatu generasi ke generasi berikutnya.

"Sejarah DNA Indonesia itu berkat pergerakan anak muda, tahun 1928, 1945, 1966, 1987, sampai 1998. Jadi, DNA anak muda Indonesia ini adalah tokoh-tokoh pergerakan anak muda," kata Yayan saat berbincang dengan PRO3 RRI, Selasa (12/12/2023).


Atas dasar itu, Yayan meyakini, pemilih muda bakal memilih capres-cawapres Pilpres 2024 berdasarkan realitas. Yakni, realitas berdasarkan visi, misi, dan program kerja capres-cawapres itu sendiri.

"Apakah mereka menentukan pilihan berdasarkan mood? Saya pikir tidak. Kenapa pemilih pemuda belum menentukan pilihan, mereka masih menunggu, apa gagasan dari capres-cawapres ini," ucap Yayan.

Oleh sebab itu, Yayan meyakini, pilihan anak muda akan mulai terlihat jika sudah dilaksanakannya acara debar capres-cawapres. Karena, anak-anak muda sangat ingin tahu visi-misi masing-masing kandidat capres-cawapres dalam debat.

"Debat dilakukan dua sampai tiga kali, kita bisa melihat kembali ekspresi anak-anak muda dalam menentukan pilihan. Jadi mereka masih menunggu visi misi gagasan ide dari capres dan cawapres," ujar Yayan.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: witokaryono
Sumber: RRI