RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Amankan Debat Capres-Cawapres, PLN Siapkan Lapisan Pasokan Listrik

Amankan Debat Capres-Cawapres, PLN Siapkan Lapisan Pasokan Listrik

12 Desember 2023 11:00 WIB
Amankan Debat Capres-Cawapres, PLN Siapkan Lapisan Pasokan Listrik
Petugas PLN UID Jakarta Raya saat mengecek pasokan listrik di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (Foto : Dok PLN UID Jakarta Raya)

KBRN, Jakarta: Sebanyak 5 lapis pasokan listrik di siapkan untuk mengamankan debat Capres-Cawapres pertama di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Hal ini disampaikan, General Managar PT PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Lasiran. 

“PLN siap dengan mengamankan pasokan listrik pada acara debat Capres-Cawapres hari ini. Tentunya hal ini sesuai dengan skenario Standar Operasional Prosedur,” kata Lasiran dalam keterangan tertulis, Selasa (12/12/2023). 

Lebih lanjut, ia mengatakan lima pasokan listrik ini berasal dari sumber listrik PLN, UPS, dan Genset. Lima pasokan listrik itu telah diuji coba sebelumnya dalam berbagai simulasi. 

“Pasokan listrik yang dari sumber PLN ada 3 yakni 1 pasokan utama dan 2 pasokan cadangan. Kemudian, pasokan listrik ke 4 berasal dari Uninteruptible Power Supply (UPS) dan back up ke-5 yaitu dari genset,” ujarnya. 

Dalam hal ini, Lasiran telah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dengan melakukan uji simulasi kelistrikan. Penyiapan pasokan listrik ini, kata Lasiran, dilakukan sejak 6 bulan sebelum pelaksanaan dengan 5 langka perkuatan. 

“Lima langka perkuatan ini yakni inspeksi gardu distribusi listrik, pemeliharaan gardu distribusi listrik, survey keandalan. Kemudian, mobilisasi dan pemasangan peralatan pendukung, serta simulasi skenario keandalan listrik,” ujarnya menutup. 

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Mosita
Sumber: RRI