RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Tiap Capres Diberikan 240 Detik untuk Sampaikan Visi-misi

Tiap Capres Diberikan 240 Detik untuk Sampaikan Visi-misi

12 Desember 2023 13:06 WIB
Tiap Capres Diberikan 240 Detik untuk Sampaikan Visi-misi
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat diwawancara awak media di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (11/12/2023) (Foto: RRI/Dedi Hidayat).

KBRN, Jakarta: Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, tiap capres diberikan waktu 240 detik (4 menit) untuk menyampaikan visi-misi. KPU juga memberi kesempatan bagi tiap capres menjawab pertanyaan terkait tema debat selama 120 detik (2 menit).

Para capres juga diberikan waktu 60 detik (1 menit) untuk menanggapi pertanyaan kandidat lainnya. Jadi, selama debat berlangsung, antarcapres bakal melakukan interaksi secara intensif.

"Kesempatan terakhir bagi si calon yang ditanya tadi untuk menjawab, merangkum, langsung merangkum dua capres lainnya. Untuk kesempatan menjawab adalah 60 detik," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (11/12/2023). 

KPU RI membeberkan, rincian format debat capres-cawapres Pilpres 2024. Total durasi debat capres-cawapres Pilpres 2024 yakni 150 menit, yang terbagi enam segmen.

Komisioner KPU August Mellaz merinci, 120 menit digunakan untuk debat capres-cawapres, lalu 30 menit untuk iklan. Segmen pertama dilakukan pembukaan pembacaan tata tertib, penyampaian visi misi, dan program kerja.

"Segmen kedua dan ketiga pendalaman visi, misi, dan program kerja. Di sana akan ada pertanyaan dan juga interaksi antara pasangan calon dengan pasangan calon yang lain," ujar Mellaz.

Pada segmen keempat dan kelima, Mellaz mengungkapkan, dilakukan proses tanya jawab dan tanggapan antara capres-cawapres. Saling menyampaikan pertanyaan di antara pasangan calon pun akan terjadi.

"Pertanyaan itu, nantinya direspons oleh pasangan calon yang lain. Yang (segmen) keenam penutup," ucap Mellaz.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI