RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Yakini Daftar Pertanyaan Panelis Wakili Tema Debat

KPU Yakini Daftar Pertanyaan Panelis Wakili Tema Debat

12 Desember 2023 13:00 WIB
KPU Yakini Daftar Pertanyaan Panelis Wakili Tema Debat
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat melakukan wawancara dengan awak media di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (11/12/2023). (Foto: RRI.co.id/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan, daftar pertanyaan yang dipersiapkan 11 panelis mewakili tema debat pertama capres Pilpres 2024. Daftar pertanyaan seputar pemerintahan, pemberantasan korupsi, pelayanan publik, HAM, kerukunan warga, hingga penanganan hoaks.

"Jadi (terdapat) enam sub tema itu, kita serahkan sepenuhnya kepada tim panelis. KPU tidak memberikan arahan ini dan itu," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari usai konferensi pers persiapan debat capres-cawapres Pilpres 2024, di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Daftar pertanyaan oleh panelis itu, Hasyim mengungkapkan, menggambarkan tugas presiden dan wakil presiden selama lima tahun ke depan. Sehingga, yang digambarkan konteks sekarang dan masa depan.

"Sudah ada tema kan, lalu sub tema ada enam, jadi inilah yang digunakan tim panelis untuk menyusun pertanyaan. Jadi, yang merumuskan supaya tidak keluar tema perdebatan itu ya dipandu pertanyaan-pertanyaan tadi," ujarnya.

Menurutnya, KPU tidak dapat membatasi jawaban yang dilontarkan para capres selama debat. Sekalipun jika jawabannya nanti, keluar dari topik tema yang ditetapkan KPU.

"Ya, terserah calon mau jawab apa aja terserah dia, biar publik memilih kan ini buat penilaian ya. Kalau pertanyaan begini, responsnya gimana, cocok apa nggak, nyambung apa nggak, kan bukan lagi penilaian si moderator," ujar Hasyim.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI