RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Alasan KPU Tidak Berikan Waktu Pendalaman Pertanyaan Debat

Alasan KPU Tidak Berikan Waktu Pendalaman Pertanyaan Debat

12 Desember 2023 14:00 WIB
Alasan KPU Tidak Berikan Waktu Pendalaman Pertanyaan Debat
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat melakukan wawancara dengan awak media di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (11/12/2023). (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, alasan lembaganya tidak memberikannya waktu pendalaman pertanyaan debat untuk capres oleh moderator. Alasan utamanya, dikhawatirkan waktu interaksi antarcapres selama debat berkurang dan tidak efektif.

"Kalau seperti itu kesempatan antarcapres berinteraksi berurang. Justru yang kita utamakan itu interaksi yang paling banyak antarcalon," kata Hasyim seusai melakukan konferensi pers persiapan debat capres-cawapres Pilpres 2024, di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Dari enam segmen debat yang dipersiapkan KPU, Hasyim mengaku, empat diantaranya untuk proses interaksi antarcapres. Jadi, para capres akan berdebat saling menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan.

"Enam segmen itu, empat segmen sendiri kemudian interaksi langsung antarcalon. Jadi sekali lagi koridornya tema ya yang diajukan itu, ya tentunya masing-masing strategi bagaimana menjawab visi-misi program," ucap Hasyim.

Selama proses debat berlangung, Hasyim menegaskan, moderator bakal memandu daftar pertanyaan yang dipersiapkan 11 panelis. Jadi bisa dipastikan, tidak ada penekanan atau penambahan pertanyaan selama debat capres maupun cawapres.

"Yang dikasih bertanyanya malah calon, bukan moderator, kesempatannya langsung moderator. Semuanya (pertanyaan) moderator (bacakan), apa-apa yang gagasan panelis, kalau pertanyaan nanti yang sampaikan moderator," ujar Hasyim.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI