RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Hasto Pastikan Ganjar Kuasai Materi Debat Capres Perdana

Hasto Pastikan Ganjar Kuasai Materi Debat Capres Perdana

12 Desember 2023 18:19 WIB
Hasto Pastikan Ganjar Kuasai Materi Debat Capres Perdana
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat diwawancara awak media, di Jakarta (Foto: RRI/Dedi Hidayat).

KBRN, Jakarta: Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto memastikan, Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD siap melakukan debat yang diselenggarakan KPU RI. Hasto memastikan, Ganjar menguasai materi tentang persoalan hukum hingga pemerintahan pada debat perdana ini.

"Ini debat sangat menarik, seluruh rakyat Indonesia menunggu bagaimana komitmen dari capres-cawapres. Komitmen dalam menegakan hukum, membangun demokrasi yang saat ini masuk di dalam berbagai aspek tantangan demokrasi kita," katanya di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Hasto mengungkapkan, Ganjar dan Mahfud juga saling memberikan masukan. Terutama, pada tema debat yang akan membahas persoalan pemberantasan korupsi.

"Pak Ganjar dan Prof Mahfud berkaitan dengan kompetensi kepemimpinan beliau. Ganjar-Mahfud telah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya," ucap Hasto.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari sebelumnya mengatakan, debat akan berlangsung selama 120 menit. Para cawapres yang hadir di panggung debat, nantinya hanya mendampingi dan tidak ikut berdebat.

"Soal siapa yang tampil ya, saya tegaskan kesempatan pertama debat capres. Di panggung untuk berdebat hanya capresnya saja," kata Hasyim dalam keterangan persnya.

Hasyim menjamin, perjalanan debat perdana capres tidak akan monoton, selama berlangsung. Karena, KPU tidak menginginkan acara debat tersebut seperti lomba cerdas cermat.

"Kami pastikan di dalam skema acara itu justru kesempatan antar calon untuk berinteraksi lebih banyak. Sebagai gambaran begini, pada kesempatan pertama, panelis akan menyusun 18 pertanyaan itu kan ada enam segmen," ucap Hasyim.

Ia merinci, ada 18 daftar pertanyaan akan diajukan dalam debat. Ada enam segmen dalam debat, tiap segmen tiga pertanyaan.

"Masing-masing peserta debat capres itu nanti sebelum memasuki perdebatan mengambil dulu secara acak akan dapat pertanyaan yang mana. Itu lah yang akan disampaikan oleh moderator dan segelah mendapatkan itu," ujar Hasyim.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI