RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Prabowo Gibran akan Perjuangkan Hak Asasi Digital

Prabowo Gibran akan Perjuangkan Hak Asasi Digital

12 Desember 2023 18:10 WIB
Prabowo Gibran akan Perjuangkan Hak Asasi Digital
Sejumlah pendukung Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden no urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka membawa poster saat Konsolidasi Pemenangan Prabowo-Gibran di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/12/2023) (Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nym)

KBRN, Jakarta: Perjuangan Hak Asasi Digital menjadi perhatian capres dan cawapres nomor 2 Prabowo-Gibran. Hal itu penting agar Indonesia Indonesia naik kelas menuju pembahasan HAM yang transformatif sesuai dengan perkembangan zaman. 

“Indonesia perlu naik level ke pembahasan HAM yang transformatif dan sesuai dengan perkembangan era digital. Ketika melihat data banyak sekali komponen HAM yang belum sepenuhnya tercapai, sehingga diperlukan ide HAM transformatif yang cocok sekali dengan penyampaian visi misi Prabowo-Gibran,” kata Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, kepada wartawan jelang debat pertama Pilprs Selasa (12/12/2023). 

Budiman mengatakan, sejumlah hak di era digital tersebut, mencakup hak atas ruang fisik dan digital. Lalu hak terhadap infrastruktur digital, hak atas data, dan hak atas pendidikan dan komunitas. 

Dilihat dari Data Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) pada 2022 menunjukkan masih ada 73 juta jiwa dan lebih dari 100.000 ribu sekolah yang tidak memiliki akses internet. “Hal ini juga menjadi perhatian utama Paslon no 2," ujarnya. 

"Contohnya, kita akan melakukan banyak sekali perbaikan di sektor digital, termasuk membangun infrastruktur digital secara merata sampai ke desa-desa. Tidak ada desa yang tidak terakses internet sesuai dengan Asta Cita 3 di Poin 26 di Visi Misi Prabowo Gibran,” katanya. 

Pewarta: Cecep
Editor: Bara
Sumber: RRI