RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Megawati Dipatikan Tak Hadiri Debat Perdana Ganjar-Mahfud

Megawati Dipatikan Tak Hadiri Debat Perdana Ganjar-Mahfud

12 Desember 2023 18:25 WIB
Megawati Dipatikan Tak Hadiri Debat Perdana Ganjar-Mahfud
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dipastikan, tidak hadir ke KPU RI untuk mendampingi Capres Ganjar Pranowo. Kepastian tersebut, diungkapkan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

Hasto mengatakan, Megawati tidak bisa hadir mendampingi Ganjar karena berada di Australia. Megawati menghadiri acara wisuda sang cucu.

"Jadi beberapa ketua umum akan hadir. seperti Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta, Ketua Umum PPP Mardiono, dan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo," kata Hasto saat sampai di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Hasto mengungkapkan, paslon Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD siap melakukan debat yang diselenggarakan KPU. Pada debat perdana untuk capres ini, Hasto memastikan, Ganjar menguasai materi tentang persoalan hukum hingga pemerintahan.

"Ini debat sangat menarik, seluruh rakyat Indonesia menunggu bagaimana komitmen dari capres-cawapres. Komitmen dalam menegakan hukum, membangun demokrasi yang saat ini masuk di dalam berbagai aspek tantangan demokrasi kita," ucap Hasto.

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menegaskan, selama 120 menit acara debat perdana bakal dilakukan oleh tiga capres. Jadi, para cawapres yang hadir di panggung debat, nantinya hanya sebatas mendampingi dan tidak ikut berdebat.

"Soal siapa yang tampil ya, saya tegaskan kesempatan pertama debat capres. Di panggung untuk berdebat hanya capresnya saja," kata Hasyim dalam keterangan persnya, di Jakarta, Senin (12/12/2023).

Selama acara berlangsung, Hasyim menjamin, perjalanan debat perdana capres tidak akan monoton. Karena, KPU tidak menginginkan acara debat tersebut seperti lomba cerdas cermat.

"Kami pastikan di dalam skema acara itu justru kesempatan antar calon untuk berinteraksi lebih banyak. Sebagai gambaran begini, pada kesempatan pertama, panelis akan menyusun 18 pertanyaan itu kan ada enam segmen," ucap Hasyim.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI