RRI

TKN: Makan dan Susu Gratis Wujud Pemenuhan HAM

12 Desember 2023 18:22 WIB
TKN: Makan dan Susu Gratis Wujud Pemenuhan HAM
TKN capres nomor urut 02, Prabowo-Gibran sedang berdiskusi di Sekretariat TKN, Menteng, Jakarta. (Foto:RRI/Saadatuddaraen)

KBRN, Jakarta: Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Puteri Komarudin mengatakan program pemenuhan gizi upaya wujudkan Hak Asasi Manusia (HAM). Program itu adalah makan siang dan susu gratis serta bantuan gizi untuk Ibu Hamil dan Balita.

“Bicara hak asasi, kita sering lupa bahwa anak-anak Indonesia memiliki hak untuk mendapat makanan yang layak dan bernutrisi. Itu-lah yang coba diwujudkan oleh Pak Prabowo," kata Puteri Komarudin kepada awak media, Selasa (12/12/2023).

"Dengan diberikan makan siang dan susu gratis, ibu dan anak diberikan akses kepada pendidikan, hak akan tumbuh kembang dengan baik. Dan juga kesehatan fisik dan mental,” katanya menambahkan.

Menurutnya, hal itu sesuai artikel 25 Deklarasi Hak Asasi Manusia dan Artikel 11 dan 12 Kovenan Internasional tentang Hak-hak Ekonomi, Sosial dan Budaya. Tentunya, hal tersebut juga selaras dengan amanat UUD 1945 Pasal 28B ayat 2.

Bunyi ayat tersebut ialah 'setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi'.

“Manusia memiliki hak untuk mendapatkan akses kesehatan fisik dan mental dengan kualitas tertinggi. Dalam hal pengobatan, kita sudah memiliki BPJS terus kita lanjutkan dan tingkatkan," ucapnya.

"Tapi dalam hal menciptakan kesehatan, kita juga harus lakukan dengan memastikan kecukupan nutrisi dan gizi. Ini penting," katanya kembali menegaskan.

Program makan siang dan susu gratis serta bantuan gizi adalah program andalan digagas pasangan Prabowo-Gibran. Program tersebut salah satu 8 program terbaik cepat, memberikan dampak kepada masyarakat dan dampak jangka panjang kepada negara.

“Jangka pendek orangtua akan terbantu karena asupan pangan anak terpenuhi, bisa tumbuh sehat dan cerdas. Sementara dalam jangka panjang, upaya ini akan menciptakan generasi unggul untuk mencapai visi Indonesia Emas," kata Puteri Komarudin.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Bara
Sumber: RRI