RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Debat Perdana, Tiga Paslon Capres-Cawapres Tunjukan Momen Keharmonisan

Debat Perdana, Tiga Paslon Capres-Cawapres Tunjukan Momen Keharmonisan

12 Desember 2023 19:31 WIB
Debat Perdana, Tiga Paslon Capres-Cawapres Tunjukan Momen Keharmonisan
Tiga paslon capres-cawapres saling sapa tegur di acara debat perdana capres-cawapres Pilpres 2024, di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023) (Foto: YouTube KPU RI)

KBRN, Jakarta: Debat perdana capres-cawapres Pilpres 2024, menghadirkan momen keharmonisan yang ditunjukan tiga kandidat. Paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD saling sapa menyapa sebelum debat.

Dari pantauan RRI.co.id, ketiga pasangan capres-cawapres itu, tidak menunjukan adanya gesekan-gesekan berlebih antarpaslon. Mereka nampak berpelukan dan berjabat tangan, seperti sepakat menandakan Pemilu 2024 berjalan damai.

Sebelum melakukan debat, para capres-cawapres berserta 800 tamu undangan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan menyanyikan jingle Pemilu 2024 yang disiarkan KPU RI, di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menegaskan, selama 120 menit acara debat perdana bakal dilakukan oleh tiga capres. Jadi, para cawapres yang hadir di panggung debat, nantinya hanya sebatas mendampingi dan tidak ikut berdebat.

"Soal siapa yang tampil ya, saya tegaskan kesempatan pertama debat capres. Di panggung untuk berdebat hanya capresnya saja," kata Hasyim dalam keterangan persnya, di Jakarta, Senin (12/12/2023).

Selama acara berlangsung, Hasyim menjamin, perjalanan debat perdana capres tidak akan monoton. Karena, KPU tidak menginginkan acara debat tersebut seperti lomba cerdas cermat.

"Kami pastikan di dalam skema acara itu justru kesempatan antar calon untuk berinteraksi lebih banyak. Sebagai gambaran begini, pada kesempatan pertama, panelis akan menyusun 18 pertanyaan itu kan ada enam segmen," ucap Hasyim.

Dari 18 daftar pertanyaan, diungkapkan Hasyim, setiap segmennya nanti terdapat tiga pertanyaan untuk para capres. Oleh sebab itu, masyarakat tidak perlu merasa khawatir, karena debat dipastikan akan berkualitas.

"Masing-masing peserta debat capres itu nanti sebelum memasuki perdebatan mengambil dulu secara acak akan dapat pertanyaan yang mana. Itu lah yang akan disampaikan oleh moderator dan segelah mendapatkan itu," ujar Hasyim.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Cecep
Sumber: RRI