TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Hasto: Ganjar-Mahfud Akan Tekankan Pentingnya Keadilan Hukum saat Debat Pertama Capres-cawapres

Hasto: Ganjar-Mahfud Akan Tekankan Pentingnya Keadilan Hukum saat Debat Pertama Capres-cawapres

12 Desember 2023 19:36 WIB
Hasto: Ganjar-Mahfud Akan Tekankan Pentingnya Keadilan Hukum saat Debat Pertama Capres-cawapres
Hasto: Ganjar-Mahfud Akan Tekankan Pentingnya Keadilan Hukum saat Debat Pertama Capres-cawapres

TVRINews, Jakarta

Hasto Kristiyanto, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, menyatakan bahwa Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Ganjar Pranowo-Mahfud Md akan menyoroti urgensi keadilan dalam penegakan hukum pada debat perdana.

Hasto menjelaskan bahwa pasangan tersebut berkomitmen untuk mewujudkan keadilan dan penegakan hukum sesuai dengan peraturan negara tanpa merugikan pihak mana pun.

"Rakyat melihat keadilan itu menjadi sangat penting. Bagaimana keadilan dalam hukum dalam pendistribusian aset-aset negara, persoalan konflik tanah, itu karena tidak adanya keadilan di dalam hukum dan keadilan di dalam ekonomi, itu yang akan dibawa Pak Ganjar dan Prof Mahfud," kata Hasto ketika tiba di lokasi debat perdana, Kantor KPU, Menteng, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

Berkaitan dengan demokrasi, pasangan calon nomor urut 3 juga akan menonjolkan signifikansi keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan secara musyawarah sesuai dengan aturan, tanpa merugikan masyarakat.

“Demokrasi, rakyat melihat bagaimana kedaulatan itu ditangan rakyat. Jangan sampai misalnya tiba2 ada rancangan undang-undang untuk DKI, gubernurnya ditunjuk. Nah ini kan bahaya-bahaya dalam demokrasi,” tegasnya.

Hasto menilai pasangan tersebut memahami keinginan rakyat, sehingga kedaulatan rakyat terkait dengan hukum, penegakan hak asasi manusia (HAM), dan demokrasi akan diwujudkan oleh mereka.

Dalam tema debat pertama, calon presiden akan membahas tentang pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, penanganan disinformasi, dan kerukunan warga.

Debat pertama dimulai pukul 19.00 WIB dan akan disiarkan langsung di TVRI nasional serta saluran media elektronik lainnya.

Pewarta: Fajar
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI