RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Anies Siapkan Pelayanan Publik Transparan dan Terukur

Anies Siapkan Pelayanan Publik Transparan dan Terukur

12 Desember 2023 21:00 WIB
Anies Siapkan Pelayanan Publik Transparan dan Terukur
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menanggapi pernyataan Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. (Foto: RRI)

KBRN, Jakarta: Calon presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menyatakan, akan memprioritaskan masyarakat rentan dalam pelayanan publik. Sekaligus, memenuhi hak-hak penyandang disabilitas. 

Untuk itu, ia akan menyiapkan pelayanan publik yang transparan dan terukur ke depannya. Sebab, persoalan pelayanan publik yang selama ini terjadi adalah persoalan yang terus berulang. 

"Prioritaskan pada pelayanan mereka yang rentan. Termasuk perempuan, terutama ibu hamil, lalu anak-anak dan lansia itu prioritas," kata Anies dalam debat pertama di KPU, Selasa (12/12/2023).

"Buatkan pelayanan yang transparan dan terukur. Pelayanan pemerintah itu tidak ada hal yang baru, semua yang dilayani pemerintah itu hal yang berulang," ujarnya menambahkan. 

Untuk itu, ia membeberkan, kinerja positifnya saat menjadi Gubernur DKI Jakarta. Ia membuat aplikasi Jakarta Kini atau JAKI khusus untuk pelayanan kelompok rentan seperti lansia, anak, ibu hamil, dan kelompok disabilitas.

"Kami buat dulu pernah di Jakarta yang namanya JAKI, adalah sebuah aplikasi yang semua layanannya ada ukurannya. Contoh, bila lapor pohon tumbang, maka kami akan berikan arahan kepada jajaran berapa jam harus beres," ucapnya. 

"Semua layanan dibuat transparan, lalu publik yang melapor tau persis. Saya lapor kapan harus selesai kapan dengan begitu standarisasi akan bisa terjadi," katanya.

Pewarta: Mandra
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI