RRI

Anies: Konflik di Papua Terdapat Beda Pandangan

12 Desember 2023 21:40 WIB
Anies: Konflik di Papua Terdapat Beda Pandangan
Cuplikan Capres No urut 1 Anies Baswedan Tanggapi pertanyaan dari Capres No urut 2 Prabowo Subianto di Gedung KPU RI, Selasa (12/12/2023). Foto: Istimewa

KBRN, Jakarta: Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menanggapi jawaban Calon Presiden No urut 2, Prabowo Subianto, soal konflik Papua. Anies menyebut, ada masalah ketidakadilan yang terus terjadi di Papua. 

Di Jakarta ada tiga pandangan soal konflik Papua, ia menyebut ada yang melihat itu sebagai masalah terorisme. Lalu ada yang merasa itu masalah separatisme dan ada yang menilai itu masalah kriminalitas.

"Jadi, tujuannya bukan semata tentang meniadakan kekerasan. Karena damai itu bukan tiada kekerasan, damai itu ada keadilan," ujar Anies, di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023). 

Maka itu, Anies menekankan, penyelesaian di Papua tidak semata tentang meniadakan kekerasan. Sebab, kedamaian itu bukan melulu tidak ada kekerasan, tapi kerap kali soal keadilan yang tidak dirasakan.

Ia mengungkapkan solusinya atas semua peristiwa pelanggaran HAM yang terjadi dan dilakukan tindakan penyelesaian sampai tuntas. Lalu, cegah terjadinya pengulangan, memastikan semua memiliki pemahaman yang sama.

"Memastikan semua yang bekerja di Papua memahami yang harus dihadirkan bukan tidak ada kekerasan, tapi keadilan. Ketiga, melakukan dialog dengan semua secara co-partisipatif," katanya. 

Pewarta: Ryan Suryadi
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI