RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Sesi Debat, Anies Jelaskan Penyebab Polusi Udara Jakarta

Sesi Debat, Anies Jelaskan Penyebab Polusi Udara Jakarta

12 Desember 2023 22:50 WIB
Sesi Debat, Anies Jelaskan Penyebab Polusi Udara Jakarta
Calon Presiden nomor Urut 1 Anies Baswedan saat menanggapi pertanyaan dari Capres No urut 2 Prabowo Subianto dalam debat Capres di Gedung KPU RI, Selasa (12/12/2023). Foto: istimewa

KBRN, Jakarta: Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengungkapkan munculnya polusi udara di ibu kota DKI Jakarta. Ia menyebut sumber polusi di ibu kota justru berasal dari luar kota. 

Sebelumnya Anies mendapat pertanyaan dari calon presiden Nomor urut 2 Prabowo Subianto. Saat jadi Gubernur DKI untuk menekan angka polusi, sementara data menunjukkan indeks polusi di DKI Jakarta selalu tertinggi di dunia. 

"Jadi apa yang terjadi, kami di Jakarta pasang alat pantau polusi udara, bila sumber dari Jakarta, maka hari ini, besok, minggu depan akan konsisten kotor. Ada masa minggu pagi Jagakarsa kotor, polusi udara gak ada KTP, angin gak ada KTP," kata Anies pada debat Capres di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023). 

Menurut Anies permasalahan dalam kota, konsisten setiap waktu punya masalah polusi. Untuk itu wajib baginya melakukan pengujian lewat uji emisi kendaraan bermotor.

"Kita lakukan pengendalian dari uji emisi yang sekarang wajib, yang kedua elektrifikasi kendaraan umum, ketiga konversi kendaraan umum. Jadi itu kita kerjakan sekarang untuk tangani polusi udara Jakarta," ujarnya. 

Sebelumnya, Prabowo melontarkan pertanyaan ke Anies terkait apa yang telah dilakukannya. Khususnya untuk menekan polusi di ibu kota selama menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Pewarta: Ryan Suryadi
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI