RRI

Soal Oposisi, Anies Nilai Prabowo Tidak Tahan

12 Desember 2023 23:20 WIB
Soal Oposisi, Anies Nilai Prabowo Tidak Tahan
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah), Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layanan publik dan kerukunan warga. (Foto: Antara/Galih Pradipta)

KBRN, Jakarta: Calon presiden nomor 1 Anies Baswedan merespon pernyataan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. Ini terkait soal peran oposisi. 

Di mana, Prabowo mengenang Pilkada 2017 saat bekerja sama dengan Anies. Prabowo mengatakan saat itu ia berposisi sebagai oposisi, lalu mendukung Anies untuk menjadi gubernur DKI Jakarta.

"Maka itu oposisi penting dan terhormat. Sayangnya tidak semua tahan untuk berada menjadi oposisi seperti disampaikan Pak Prabowo, Pak Prabowo tidak tahan menjadi oposisi," kata Anies, Selasa (12/12/2023). 

Bahkan, Anies tidak sungkan mengingatkan Prabowo bahwa kekuasaan bukan urusan bisnis. Anies menilai kekuasaan harus digunakan untuk kepentingan rakyat.

"Apa yang terjadi, beliau sendiri menyampaikan ketika tidak berada dalam kekuasaan membuat tidak bisa berbisnis. Tidak bisa berusaha, maka harus dalam kekuasaan," ujarnya. 

"Kekuasaan lebih dari soal bisnis. Kekuasaan lebih dari uang kekuasaan kehormatan menjalankan kedaulatan rakyat," ucapnya.

Pewarta: Mandra
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI