RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Debat Perdana, Anies Serahkan Penilaian kepada Masyarakat

Debat Perdana, Anies Serahkan Penilaian kepada Masyarakat

13 Desember 2023 03:00 WIB
Debat Perdana, Anies Serahkan Penilaian kepada Masyarakat
Capres nomor urut 01, Anies Baswedan memaparkan visi dan maisi yang menjadi programnya pada debat capres perdana di kantor KPU. (Foto:RRI/Saadatuddaraen)

KBRN, Jakarta: Calon presiden nomor urut 01, Anies Rasyid Baswedan menyerahkan penilaian kepada masyarakat usai debat capres perdana di kantor KPU. Terlebih, kandidat dari Koalisi Perubahan tersebut tidak merasa unggul dari capres lainnya.

Menurut Anies, masyarakat bisa menilai sendiri hasil debat capres perdana. Dirinya juga tidak merasa unggul dalam debat. "Biarkanlah masyarakat yang menilai soal debat itu," ujarnya kepada wartawan di kantor KPU, Selasa (12/12/2023) malam.

Anies menyatakan masih akan mengkaji apa saja yang menjadi evaluasi untuk persiapan dalam debat berikutnya. Dirinya lantang menyampaikan tentang penegakan hukum yang berkeadilan dan memperbaiki perangkat hukum yang saat ini dinilai banyak diintervensi oknum petinggi negara.

Saat memaparkan visi dan misinya, Anies menegaskan bahwa penegakan hukum di Indonesia masih tumpul ke atas dan tajam ke bawah. Dia menyampaikan hal itu dengan menggunakan isyarat jari tangan yang bengkok.

Dalam bahasa tubuhnya tersebut, Anies mengungkapkan bahwa hukum masih sering digunakan sebagai alat oleh oknum penguasa. Tujuannya untuk mencapai kepentingan-kepentingan pribadi atau kelompoknya.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Heri Firmansyah
Sumber: RRI