RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Puas Debat Perdana Capres-Cawapres Sesuai Harapan

KPU Puas Debat Perdana Capres-Cawapres Sesuai Harapan

13 Desember 2023 10:22 WIB
KPU Puas Debat Perdana Capres-Cawapres Sesuai Harapan
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah), Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layanan publik dan kerukunan warga. (Foto: Antara/Galih Pradipta)

KBRN, Jakarta: KPU RI merasa puas, debat perdana capres-cawapres Pilpres 2024 berjalan sesuai harapan. Selama 120 menit dan enam segmen, para capres saling berinteraksi dan berdebat sesuai tema pertanyaan yang dipersiapkan panelis.

"Debat ini kalau jatahnya presiden maka yang bicara adalah calon presiden dan dari enam segmen. Boleh dikatakan, terjadi perdebatan segmen 2, segmen 3, segmen 4 dan segmen 5," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari sesusai acara debat perdana untuk capres Pilpres 2024, di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam.

Hasyim mengaku, KPU juga merasa puas tiga capres benar-benar memanfaatkan panggung dan waktu debat. Diharapkannya, visi-misi dan program kerja yang disampaikan para capres dapat dipahami masyarakat.

"Segmen 2 dan 4, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan yang dikonseptualisasi oleh tim panelis. Kemudian, debat segmen 4 dan 5 adalah pertanyaan diajukan capres sendiri-sendiri dan ditanggapi oleh capres sendiri-sendiri juga," ucap Hasyim.

Sebelumnya, Ketua KPU Hasyim Asy'ari menegaskan, selama 120 menit acara debat perdana bakal dilakukan oleh tiga capres. Jadi, para cawapres yang hadir di panggung debat, nantinya hanya sebatas mendampingi dan tidak ikut berdebat.

"Soal siapa yang tampil ya, saya tegaskan kesempatan pertama debat capres. Di panggung untuk berdebat hanya capresnya saja," kata Hasyim dalam keterangan persnya, di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Selama acara berlangsung, Hasyim menjamin, perjalanan debat perdana capres tidak akan monoton. Karena, KPU tidak menginginkan acara debat tersebut seperti lomba cerdas cermat.

"Kami pastikan di dalam skema acara itu justru kesempatan antar calon untuk berinteraksi lebih banyak. Sebagai gambaran begini, pada kesempatan pertama, panelis akan menyusun 18 pertanyaan itu kan ada enam segmen," ucap Hasyim.

Dari 18 daftar pertanyaan, diungkapkan Hasyim, setiap segmennya nanti terdapat tiga pertanyaan untuk para capres. Oleh sebab itu, masyarakat tidak perlu merasa khawatir, karena debat dipastikan akan berkualitas.

"Masing-masing peserta debat capres itu nanti sebelum memasuki perdebatan mengambil dulu secara acak akan dapat pertanyaan yang mana. Itu lah yang akan disampaikan oleh moderator dan segelah mendapatkan itu," ujar Hasyim.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI