RRI

KPU Sebut Empat Sesi Debat Dipenuhi Tanya Jawab

13 Desember 2023 14:38 WIB
KPU Sebut Empat Sesi Debat Dipenuhi Tanya Jawab
Ketua KPU Hasyim Asyari saat menyampaikan keterangan pers kepada wartawan (Foto: Dokumentasi/kpu.go.id).

KBRN, Jakarta: Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menyebut, empat dari enam sesi debat pertama sudah dipenuhi tanya jawab capres. Hasyim menjelaskan, hanya dua sesi yang tidak diwarnai dengan tanya jawab antarcapres. 

"Dari enam segmen itu, yang empat segmen full tanya jawab, segmen pertama menyampaikan visi misi program masing-masing calon. Kemudian, segmen terakhir keenam menyampaikan closing statement," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Ia merinci, segmen 2, 3, 4, dan 5 sepenuhnya sesi tanya jawab. Adapun segmen 2 dan 3 perumusannya pertanyaan disiapkan oleh panelis.

"(Segmen) 4 dan 5 itu murni pertanyaannya dari capres. Model seperti itu akan kita gunakan untuk debat yang selanjutnya," ucap Hasyim.

Hasyim mengatakan itu untuk menjawab permintaan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Ganjar sempat meminta KPU memperbanyak sesi tanya jawab dalam debat Pilpres 2024.

Baca juga: Catatan Debat Capres-Cawapres, Ganjar Ingin Tanya-Jawab Lebih Banyak

Ia berharap, pada debat selanjutnya, capres-cawapres lebih interaktif dan saling mengadu gagasan. "Debat kedua, ketiga, keempat dan kelima, baik untuk capres maupun cawapres," ujar Hasyim.



Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI