RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Beberkan Pokok Bahasan Evaluasi Debat Perdana Capres-Cawapres

KPU Beberkan Pokok Bahasan Evaluasi Debat Perdana Capres-Cawapres

14 Desember 2023 09:40 WIB
KPU Beberkan Pokok Bahasan Evaluasi Debat Perdana Capres-Cawapres
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah), Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layanan publik dan kerukunan warga. (Foto: Antara/Galih Pradipta)

KBRN, Jakarta: Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari membeberkan, pokok-pokok pembahasan evaluasi debat perdana capres-cawapres Pilpres 2024 pada Selasa (12/12/2023) kemarin. Evaluasi tersebut, rencananya dilakukan KPU bersama tiga timses paslon capres-cawapres hari ini, Kamis (14/12/2023).

"Beberapa isu yang disinggung perihal cawapres pendamping yang dianggap mengompori pendukung yang hadir, konsep dan format debat. Kemudian, batas waktu, hingga konsekuensi bagi pendukung yang hadir langsung namun memantik kegaduhan," kata Hasyim seperti dikutip Antara saat melakukan kunjungan ke gudang logistik Pemilu 2024, di Denpasar, Bali, Rabu (13/12/2023) malam.

Selain itu, ia mengungkapkan, persoalan meja dan kursi untuk capres ataupun cawapres pendamping akan dibahas juga. Apakah capres atau cawapres pendamping bakal berdiri atau tidak.

“Yang penting debat atau ada mejanya? yang penting ada debatnya kan, saya kira begitu saja. Ada meja tidak ada meja ya sudah, nyatanya mereka bertiga happy, kuat berdiri lama," ucap Hasyim.

Menurutnya, tidak ada alasan khusus soal itu, karena yang menjadi poin dalam kegiatan ini debat adu gagasan. "Itu untuk meyakinkan rakyat kita bahwa presiden kita kuat semua, sehat semua tahan berdiri,” ujarnya.

Namun sayangnya, ia belum tahu persis, lokasi pertemuan untuk membahas evaluasi debat perdana capres-cawapres tersebut. "Rencana KPU akan mengundang tim pasangan calon untuk mengevaluasi debat pertama. Di mananya besok ya,” katanya.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI