TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ganjar: Debat Capres-Cawapres Bukan Sekedar Tontonan, Tapi Ada Pesan Pendidikan Politik Didalamnya

Ganjar: Debat Capres-Cawapres Bukan Sekedar Tontonan, Tapi Ada Pesan Pendidikan Politik Didalamnya

14 Desember 2023 13:11 WIB
Ganjar: Debat Capres-Cawapres Bukan Sekedar Tontonan, Tapi Ada Pesan Pendidikan Politik Didalamnya
Ganjar: Debat Capres-Cawapres Bukan Sekedar Tontonan, Tapi Ada Pesan Pendidikan Politik Didalamnya

TVRINews, Jakarta

Capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo angkat bicara terkait debat perdana Pilpres 2024 pada Selasa, 12 Desember 2023 lalu.

Menurut Ganjar, saat debat kemarin publik lebih memperhatikan kedua kompetitornya, yakni Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Kendati demikian, Ganjar menilai inti dari debat perdana kemarin ialah pesan yang disampaikan oleh ketiga capres tersebut. 

“Yang penting kontennya dan pesannya masuk. Kan ketiga capres kemarin sudah memberikan pesan, pemikiran, dan konsepsi dengan program-program yang bisa diberikan kepada masyarakat," kata Ganjar saat menjawab pertanyaan dari awak media dalam acara Rakorpimnas Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) 2023, di Hotel Grand Sahid, Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Desember 2023.

Baca Juga: Waketum TKN Sebut Prabowo Tolak Usulan ‘Nakal’ Saat Debat Perdana Capres 

Ganjar juga menilai, jika debat yang diselenggarakan KPU bukan hanya sekedar tontonan saja. Namun, terdapat pesan dan menjawab pertanyaan dari publik terkait dengan pendidikan politik yang bertujuan agar masyarakat dapat menentukan pilihannya pada Pilpres 2024 mendatang.

“Karena ini (debat) bukan sekedar tontonan, tapi ada pesan pendidikan politik agar masyarakat punya preferensi untuk memilih," ungkapnya.

"Maka orang akan tahu seberapa dia konsisten, apa pengalamannya, bagaimana track record-nya, dan itu akan terlihat dari seluruh kelengkapan yang ada di masing-masing ketika menjawab atau bertanya," tuturnya.

Baca Juga: Hadir di Acara INKINDO 2023, Ganjar Ungkap Dampak Buruk Jika Indonesia Gagal Jadi Negara Maju

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bakal gelar debat perdana Capres-Cawapres pada Selasa, 12 Desember 2023, pukul 19.00 WIB. 

Tema debat pertama akan membahas mengenai Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan korupsi, Penguatan demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Pewarta: Lidya Thalia.S
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI